Akper Diserahkan ke Pemkab Aceh Singkil

Jumat, 08/11/2019 - 15:32
Pihak Yapkes Akper Aceh Singkil saat melakukan penyerahan kepada Pemkab setempat.
Pihak Yapkes Akper Aceh Singkil saat melakukan penyerahan kepada Pemkab setempat.

Klikwarta.com, Aceh Singkil - Setelah menggalami penurunan jumlah mahasiswa yang berdampak terhadap pendanaan, Yayasan Pendidikan Peduli Kesehatan (Yapkes) menyerahkan kepemilikan penggelolaan Akademi Keperawatan (Akper) Kabupaten Aceh Singkil kepada Pemkab setempat.
Penandatanganan nota kesepahaman dan berita acara serah terima Kepemilikan Yapkes, Akper kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, berlangsung di Opp Room Kantor Bupati, Kamis, 7 November 2019, dengan dihadiri, Para Asisten, SKPK, Anggota DPRK, pihak Akper Yapkes Aceh Singkil, serta undangan lainnya.

Pembina Yayasan Akper Yapkes Aceh Singkil, Des.Azmi mengatakan, penyerahan tersebut dilakukan sebagai bentuk untuk penyelamatan aset yang telah ada dan begitu besar itu agar tetap eksis memberikan kontribusi bagi daerah.
Apalagi, produk mahasiswa lulusan Akper Yapkes Aceh Singkil sudah banyak yang sudah mengabdi baik didalam atau pun luar daerah Aceh Singkil.

Maka dari itu,  pihak Akper sepakat untuk manajemen dan penggelolaannya lembaga pendidikan itu diserahkan kepada yang lebih berkompeten lagi yakni Pemkab Aceh Singkil.

Sehingga, lembaga pendidikan kesehatan tersebut dapat terkelola dengan baik dan profesional, dapat melahirkan lulusan yang handal pula serta lebih maju, harap Azmi.

Ketua Akper Aceh Singkil, H.Ridwan, S.Pd yang diwakili oleh salah seorang dosen Yayasan, Arliza SyahFitri diawal sambutannya menyampaikan, secara ringkas perjalanan Akper Yapkes setempat sejak berdiri.

Akper Yapkes Aceh Singkil berdiri sesuai dengan SK Menteri Pendidikan RI, No.80/B/O/2004.
Namun, belakangan ini Akper memiliki permasalahan dengan menurunnya jumlah mahasiswanya.

Menurut Arliza, menurunya jumlah mahasiswa tersebut dipicu dengan telah banyaknya lulusan Akper dan laoangan pekerjaan semakin sempit.

Sementara Bupati Aceh Singkil yang diwakili Asisten III Setdakab, Ir.Safitri Dharma mengatakan, serah terima itu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan status Yapkes menjadi Politeknik Kesehatan setempat yang kiranya dapat berkembang dengan cepat.
Dalam kesempatan itu, Penandatanganan nota kesepahaman dan berita acara serah terima dilakukan oleh Drs.Azmi selaku Pihak Akper Yapkes dan Ir.Safitri Dharma, selaku pihak Pemkab Aceh Singkil. (ESi)

a

TMMD

 

Related News