Beberapa Wilayah di Kota Blitar Utara Mata Airnya Mengering, Pemkot Blitar Langsung Dropping Air Bersih

Jumat, 08/11/2019 - 15:27
Plt Walikota Blitar Santoso saat melakukan Dropping Air Bersih di Kelurahan Ngadirejo Kota Blitar.
Plt Walikota Blitar Santoso saat melakukan Dropping Air Bersih di Kelurahan Ngadirejo Kota Blitar.

Klikwarta.com, Blitar - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melakukan drooping air bersih di beberapa lingkungan di kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jumat (08/11/2019).

Pemasokan air bersih dilakukan di lingkungan Ngadirejo dan lingkungan Jurang Sembot. Itu dilakukan, menyusul mata air sumur warga mengering akibat kemarau yang berkepanjangan.

Plt Walikota Blitar Santoso menjelaskan, awalnya pemerintah menerima laporan masyarakat setempat, yang mengalami kekeringan air bersih di sumur-sumur warga itu. Warga setempat melalui perangkat kelurahan, menyampaikan keluhan tersebut kepada pemerintah Kota Blitar sejak sehari sebelumnya.

"Jadi saya baru menerima laporan warga yang mata air di sumur-sumurnya mengering tidak keluar airnya, akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Saya langsung memerintahkan bagian penanggulangan bencana daerah untuk langsung melakukan dropping air bersih. Dan saat ini saya langsung memimpin dropping di lapangan," jelasnya saat dihubungi klikwarta.com di sela-sela kegiatan.

Santoso menerangkan, Pemkot Blitar melalui bagian Penanggulangan Bencana Daerah, mengerahkan dua truck tangki bermuatan air bersih. Satu tangki truck itu, berkapasitas 5.000 liter.

Di lingkungan Ngadirejo, warga yang mendapatkan fasilitasi dropping air bersih sebanyak 16 KK (Kepala Keluarga). Sementara di lingkungan Jurang Sembot, ada 12 KK yang dipasok air bersih. 

Santoso menyebut, terkini di Kota Blitar yang tengah mengalami kekeringan air bersih di wilayah bagian utara. Untuk daerah lain, secara umum kebutuhan dan ketersediaan air bersih masih dalam kondisi yang aman.

"Intinya kami terus waspada dan akan bereaksi cepat untuk melayani kebutuhan dasar masyarakat dalam hal ini kebutuhan air bersih, jika terjadi kekeringan. Kami harus cepat membantu dan memastikan ketersediaan air bersih bisa terakses oleh masyarakat," tukasnya.

(Faisal / Adv)

a

TMMD

 

Related News