Gelar Maulid Akbar, Warga Samalanga Siap Layani 20.000 Tamu Undangan

Sabtu, 09/11/2019 - 00:05
Gelar Maulid Akbar
Gelar Maulid Akbar

Klikwarta.com, Bireuen – Khenduri maulid adalah merupakan salah satu kegiatan syiar agama rutin tahunan bagi umat islam diseluruh dunia,  nyakni berkaitan dengan acara perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Demikian pula kegiatan kebersamaan yang digelar oleh masyarakat di Kecamatan “Kota Santri” Samalanga Kabupaten Bireuen secara Akbar    di pekarangan Mesjid Jamik Kota kecamatan, Desa Keudee Aceh Sabtu 9 November 2019  bertepatan  tanggal 12 Rabiul awal, tahun 1441 Hijriah.

Sistem gotongroyong yang dibangun dalam segala objek persiapan menjamu yang berjumlah mencapai 20.000 tamu undangan dari kecamatan tetangga sampai kabupaten plus hamba allah tak tertuga dirancang secara sangat matang dan islami oleh Ketua Ormas PHBI Samalanga Tgk Nainunis selaku penanggunggungjawab pelaksana.

Sebagaimana yag telah menjadi tradisi tahun-tahun sebelumnya, Tokoh agama muda Tgk Nainunis siap diback up oleh puluhan sampai ratusan remaja dari kalangan pelajar Lembaga Pendidikan Islam akan terlihat ikhlas menyambut serta melayani kehadiran tamu undangan. 
Sementara untuk penanggunggjawab acara “Maulid Akbar” Kecamatan Samalanga secara umum pada tahun ini dalam satu acara koordinasi awal anatara sejumlah tokoh kecamatan dengan pihak muspika di Kantor Camat sekitar satu bulan lalu, dipercayakan kepada Tgk H Mardhani Meuliek.

Keterangan lainnya menyangkut persiapan maulid akbar di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen 2019 yang berhasil dihimpun media Klikwarta.com  melalui Ayah Madi merupakan Tokoh Masyarakat setempat dari unsur Komite Peralihan Aceh (KPA), menu yang akan disuguhkan pada acara khenduri akbar dimesjid jamik itu telah dipersiapkan secara lengkap berupa daging dari lima ekor sapi masak kari.

Diuraikan Ayah Madi, segala keperluan baik menu makanan yang akan disaji maupun sarana pecah belah pelengkap lainnya tersedia dari kumpulan sumbangan berbagai unsur, mulai dari 46 jumlah unsur Pimpinan desa, ASN se-kecamatan,  tokoh-tokoh masyarakat setempat berkemampuan, para pedagang di pertokoan Kota kecamatan, sampai putra-putri asal Samalanga yang sedang berada diluar daerah dan juga luar negara.

Dikatakan pula, bahwa rasa persatuan dan persaudaraan masyarakat sedaerah akan terlihat begitu kentara dalam kesepakatan pelaksanaan acara “Maulid Akbar” dengan tujuan utama mengadakan khenduri tak lain adalah “Memperingati hari kelahiran nabi besar Muhammad SAW”, dimana acara seperti demikian merupakan kegiatan yang telah menjadi tradisi dilaksanakan secara turun temurun oleh umat islam sebelumnya. (Roes – Brn)

Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad

Tags

a

TMMD

 

Related News