Hari Aids Sedunia, Dinkes Pemkab Blitar : Jangan Kucilkan Orang Penderita Aids

Senin, 02/12/2019 - 23:48
Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Krisna Yekti
Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Krisna Yekti

Klikwarta.com, Blitar - Memaknai Hari Aids Sedunia tahun 2019, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar mengajak masyarakat untuk tidak mengucilkan orang yang menderita penyakit Aids. 

Menurut Kabid P2P Dinkes Pemkab Blitar Krisna Yekti, pengucilan terhadap orang yang menderita penyakit Aids bukan cara yang tepat untuk merespon seseorang dengan berpenyakit Aids. 

Masyarakat, kata Krisna, tidak perlu risau dengan penyakit Aids kendati disamping itu tetap melalukan kewaspadaan secara awal untuk mencegah potensi terjangkitnya penyakit Aids. Sebab, akses penularan penyakit Aids menurutnya sangat sulit.

"Karena di tahun 2019 ini di Kabupaten Blitar orang yang paling banyak terkena Aids adalah ibu rumah tangga, wiraswasta dan buruh kasar. Betul penyakit Aids itu menular, tetapi tidak gampang menular, artinya penularannya itu sulit karena harus ada cairan yang bertemu dengan luka. Utamanya, jangan kucilkan mereka yang terkena Aids," jelas Krisna.

Krisna beralasan, penyakit HIV/AIDS bisa menular jika tidak berhubungan seks dengan gonta ganti pasangan serta dimungkinkan ada luka yang terinfeksi HIV/AIDS. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat sadar karena inisiatif sendiri memeriksakan kesehatan dirinya terkait penyakit Aids.

"Saat ini ada lima puskesmas yang bisa memeriksa penyakit HIV/AIDS, di puskesmas Kesamben, Binangun, Kademangan, Ponggok dan Srengat. Kita sudah memberikan pelatihan dan puskesmas yang mendapatkan kepercayaan memeriksa penyakit Aids harus dapat izin dari pusat untuk mendapatkan PIN hasil pemeriksaannya," terangnya.

(Faisal / Kmf / Adv)

a

TMMD

 

Related News