Tata Pemasangan Menara Telekomunikasi, DPUPR Pemkab Blitar FGD Bahas Regulasinya

Senin, 02/12/2019 - 15:16
Suasana FGD Pembahasan Raperbup Menara Telekomunikasi
Suasana FGD Pembahasan Raperbup Menara Telekomunikasi

Klikwarta.com, Blitar - Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (DPUPR) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar focus group discussion (FGD) membahas Rancangan Peraturan Bupati (Raperbup) Menara Telekomunikasi, Senin (02/12/2019) di salah satu rumah makan di Kanigoro, Kabupaten Blitar.

FGD dihadiri Kepala DPUPR Pemkab Blitar Puguh Imam Susanto beserta sejumlah staf bidang instansinya, perwakilan dari Satpol PP Pemkab Blitar, Bagian Hukum Setda Pemkab Blitar, Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Blitar, Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Blitar dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemkab Blitar.

"Intinya kita membahas penataan menara telekomunikasi melalui peraturan bupati yang diturunkan dari Perda Nomor 8 tahun 2019 tentang Menara Telekomunikasi. Di forum ini kita bahas secara teknis bagaimana detail turunan dari perda tersebut," jelas Kepala DPUPR Pemkab Blitar Puguh Imam Susanto.

Diuraikannya, di dalam substansi peraturan bupati itu nanti akan dibahas soal tata ruang pemasangan menara telekomunikasi agar tidak timbul pemasangan yang tidak sesuai dengan ketentuan perencanaan-perencanaan pemasangan menara telekomunikasi.

Selain itu, sekaligus disinggung estetika keberadaan menara. Puguh menyebut selama ini menara-menara telekomunikasi di Kabupaten Blitar tidak ada laporan yang negatif terhadap kepentingan masyarakat secara luas.

"Kedepan kita juga lebih detail mengatur penataan menara secara bersama-sama. Biar rapi, dan tidak ada pohon-pohon menara. Selama ini menara tidak ada keberadaannya yang mengganggu masyarakat. Semua menara ada asuransinya. Siapa yang lewat di area menara kalau terjadi apa-apa ada asuransinya," terang Puguh.

Dia berharap, sesudah diadakan FGD ini para pengusaha menara menjadi tertib mengurus izin tata ruang pemasangan menara telekomunikasi agar tercipta pemasangan menara telekomunikasi yang sesuai kriteria perencanaan pemasangan.

(Faisal / Kmf / Adv)

a

TMMD

 

Related News