Tim Jibom Brimob Polda Aceh Evakuasi Mortir, Diduga Peninggalan Perang Dunia ke II

Jumat, 29/11/2019 - 23:34
Tim Jibom Brimob Polda Aceh saat Evakuasi Mortir
Tim Jibom Brimob Polda Aceh saat Evakuasi Mortir

Klikwarta.com, Banda Aceh - Tim Jihandak Brimob Polda Aceh mengevakuasi bom temuan berbentuk mortir pada pukul 10.30 WIB pagi di kawasan Gampong Cot Cut, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar, Jumat (29/11/2019).

P

Evakuasi Bom mortir tersebut langsung dipimpin oleh Dantim Jihandak Polda Aceh, Bripka Amar. Sebelumnya bom mortir itu sempat diamankan ke Mapolsek Kuta Baro pasca penemuan.

Salain itu, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto melalui Kapolsek Kuta Baro, AKP Abdul Muin, SH.MM mengatakan, hasil pemeriksaan tim Jihandak di lokasi, diketahui mortir temuan itu diduga bekas peninggalan masa Perang Dunia ke II. 

"Mortir temuan ini memiliki panjang 17 sentimeter dengan diameter 8 sentimeter dan berat sekitar 1,5 kilogram, namun Saat ini mortir tersebut dibawa ke Detasemen Gegana untuk diamankan," ujar Kapolsek.

Bom mortir tersebut ditemukan oleh warga saat sedang bekerja di persawahan gampong setempat pada hari Rabu.

Awalnya, mortir ditemukan oleh seorang warga bernama Mukhlis (63) saat pergi ke sawah untuk membersihkan saluran irigasi.

"Penemuan mortir saat menggali tanah dengan cangkul, saat itu ditemukan benda yang diduga bom berbentuk mortir. Lalu salah satu warga itu mengangkat mortir yang masih dalam saluran tanah, setelah itu melaporkan pada perangkat gampong setempat", ucap Kapolsek.

U

Penemuan ini diteruskan pihak Polsek Kuta Baro, kemudian langsung memberikan penanganan. Setelah itu memberikan garis polisi di lokasi temuan, saat mortir diamankan ke Mapolsek Kuta Baro, anggota menunggu Tim Jihandak Polda Aceh.

"Mortir tersebut diduga masih ada bahan peledak, saya mengimbau pada masyarakat jika menemukan benda Aneh yang mencurigakan diwilayah Hukum Polsek Kuta Baro, agar segera melaporkan", ungkap Kapolsek. (AZ)

a

TMMD

 

Related News