Atasi Masalah Karies, Rumkit Bhayangkara Sosialisasi Kesehatan Gigi

Rabu, 28/02/2024 - 16:48
Rumkit Bhayangkara Sosialisasi Kesehatan Gigi Pada Personel
Rumkit Bhayangkara Sosialisasi Kesehatan Gigi Pada Personel

Klikwarta.com, Palangka Raya - Kota Palangka Raya terus bergiat memerangi penyakit karies gigi, yakni sebuah penyakit yang kerap kali menjadi momok bagi orang dewasa serta pertumbuhan dan perkembangan anak. Berbagai program pun digalakkan salah satunya dengan pemeriksan rutin. Untuk mengatasi hal ini diperlukan kerjasama semua pihak untuk menjaga kesehatan rongga mulut.

Melalui program kegiatan Sharing Session yang diselenggarakan oleh Bidang Urusan Pendidikan dan Penelitiannya (Urdiklit), Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya melakukan sosialisasi kesehatan tentang karies gigi dan dan pentingnya menjaga kebersihan gigi serta mulut.

Kegiatan yang dilaksanakan usai pelaksanaan apel pagi tersebut disampaikan langsung oleh narasumber internal yakni Dokter Gigi drg. Melga Haemi didampingi Kepala Urusan Pendidikan dan Penelitian (Kaurdiklit) Rumkit Bhayangkara Palangka Raya Penda Tk I Rusmawarti, S.Sos., dan diikuti seluruh peserta apel pagi.

Karies gigi merupakan penyakit infeksi yang merusak struktur jaringan keras gigi . Salah satu tanda paling mudah mengindentifikasi penyakit ini adalah dengan adanya gigi berlubang.

Umumnya penyakit ini ditemukan pada anak usia di bawah lima tahun kerena pola asuh yang kurang tepat, seperti pemberian makanan atau minuman mendekati waktu tidur malam dan mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat manis dan lengket. Namun, orang dewasa juga tidak luput dari serang panyakit tersebut.

Pada kesempatan ini, Dokter Gigi Melga menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Jika tak ditangani sejak dini karies gigi menyebabkan nyeri, kematian saraf (nekrose) dan infeksi periapikal serta infeksi sistematik yang membahayakan penderita.

“Penyakit ini juga sangat rentan menyababkan stunting pada anak-anak. Yakin, suatu kondisi dimana balita memiliki panjang atau tinggi badan yang kurang jika dibandingkan dengan umurnya”, tuturnya.

Sebaliknya, jika ditangani sejak dini maka membantu mempercepat proses bicara pada anak dan dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak. Bahkan, akan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan gigi secara permanen.

Sementara itu, Dokter Gigi Melga menyampaikan ada tujuh tips cara mencegah karies gigi.

“Pertama rutin sikat gigi dua kali sehari, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, lakukan flossing gigi dengan benang gigi untuk membersihkan sela-sela makanan, kurangi konsumsi makanan manis dan bersoda, berkumur dengan cairan yang mengandung antiseptik dan terakhir lakukan pemeriksaan gigi rutin setiap enam bulan sekali”, katanya.

Kontributor : Arif

Related News