Bappeda Tulungagung Berikan Penganugerahan Pemenang Lomba Kasanova ke 2 Tahun 2021

Rabu, 24/11/2021 - 21:07
Bappeda Tulungagung Berikan Penganugerahan Pemenang Lomba Kasanova ke 2 Tahun 2021
Bappeda Tulungagung Berikan Penganugerahan Pemenang Lomba Kasanova ke 2 Tahun 2021

Klikwarta.com, Tulungagung - Bertempat di Hotel Crown Victoria Tulungagung, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tulungagung, mengadakan kegiatan penganugerahan pemenang lomba Kreativitas dan Inovasi (KASANOVA) ke 2 pada tahun 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Bupati Tulungagung, Bapak Drs. Maryoto Birowo, MM, Ketua DPRD Tulungagung beserta Komisi 3, kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan undangan lainnya, Rabu (24/11/2021). 

Dalam sambutannya Kepala Bappeda Kabupaten Tulungagung, Drs. Maryani, MM, sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini dan mengharapkan adanya peran aktif dari Perangkat Daerah dan juga masyarakat untuk terus melakukan inovasi di segala bidang sesuai dengan tupoksi dan kapasitasnya. Inovasi daerah ini dinilai oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Pengukuran Indeks Inovasi Daerah.

Penghargaan KASANOVA adalah bentuk apresiasi dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tulungagung kepada para mitra dan inventor yang secara nyata mendukung dalam  memajukan  produk  kreativitas dan inovasi  untuk  masyarakat luas. Dalam upaya meningkatkan kreativitas di bidang inovasi masyarakat perlu didorong untuk dapat menciptakan, merekayasa alat/produk yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, jelasnya. 

Banyaknya kreativitas yang baru dan unik, namun belum dapat disebut inovasi, karena kurang layak,   belum dapat diwujudkan dan secara komersial belum menguntungkan. Oleh karena itu, perangkat daerah dan masyarakat perlu dipacu  supaya dapat dapat  lebih  kreatif  dan inovatif, sehingga berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara.

Lomba ini juga dilaksanakan dalam rangka untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 816, dan diadakan secara kontinyu.

Lomba Kasanova Tahun 2021 ini mengambil tema “Kreativitas dan Inovasi di Masa Pandemi". Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat Tulungagung secara individu maupun kelompok yang telah berhasil sebagai penemu atau pengembang dan karyanya secara nyata sudah diterapkan, teruji dan terbukti kemanfaatannya. Disamping itu juga memberikan penghargaan kepada Perangkat Daerah dan instansi lainnya lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang memiliki inovasi pelayanan publik terbaik menurut hasil penilaian.

Masih ditempat yang sama Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo mengungkapkan pentingnya kreativitas dan inovasi, guna menunjang Information Teknologi apalagi di saat ini di era revolusi industri. 

Teknologi informasi sangat berpengaruh di era Revolusi Industri 4.0 di segala bidang dari ekonomi, pendidikan, kesehatan, pemerintahan dan lain-lain.

“Kompetisi Kreatifitas dan Inovasi Daerah (Kasanova) Kabupaten Tulungagung 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sangat penting sekali di era globalisasi. Masalah IT sesuatu yang sangat dibutuhkan,” kata Bupati Maryoto.

“Kreativitas IT merupakan kebutuhan, kalau kita mau maju, inovasi melalui teknologi memudahkan manusia dalam memproduksi, mengolah data dan menyebarkan informasi,” ungkapnya. 

Adapun mengenai tujuan dari pelaksanaan kegiatan Lomba Kasanova ini adalah :

Mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk berbudaya kreatif dan inovatif dalam bidang Iptek terutama penerapan teknologi tepat guna di masyarakat.

Mendorong terciptanya produk unggulan yang mampu bersaing di pasar lokal, nasional maupun internasional. Mendorong tumbuh dan berkembangnya inovasi di Perangkat Daerah dan instansi lainnya lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung, yang diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tutupnya. 

(Pewarta : Cristian)

Related News