Bupati Tulungagung Kunjungi Destinasi Wisata Pantai Kedung Tumpang

Selasa, 16/02/2021 - 15:22
Bupati Tulungagung Kunjungi Destinasi Wisata Pantai Kedung Tumpang
Bupati Tulungagung Kunjungi Destinasi Wisata Pantai Kedung Tumpang

Klikwarta.com, Tulungagung - Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo mengunjungi destinasi wisata pantai kedung tumpang yang terletak di Desa Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban guna melihat hasil pembangunan tangga lingkar kedung tumpang, Selasa (16/02/2021). 

Dalam kunjungan ke obyek wisata tersebut, Bupati memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada warga dan pokdarwis yang telah membantu mewujudkan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tulungagung khususnya Kecamatan Pucanglaban.

“Saya melihat obyek wisata ini sangat bagus, ada ciri khas dan keunikan yang tidak di miliki oleh destinasi wisata lain di Kabupaten Tulungagung apabila obyek wisata ini dikelola dan ditata dengan baik, saya optimis yakin obyek wisata kedung tumpang ini bisa menjadi andalan destinasi wisata bukan hanya untuk Tulungagung, tapi juga Indonesia,” ucap Maryoto. 

Bupati juga berharap, untuk pantai kedung tumpang dimaksimalkan untuk aspek keamanan dan keselamatan menjadi faktor penting yang akan difokuskan dalam mengembangkan kawasan pariwisata di pantai kedung tumpang dan masyarakat beserta pokdarwis juga mempunyai kesadaran akan pentingnya tata kelola wisata yang baik sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan pendapatan masyarakat setempat. Sebab tanpa adanya pengelolaan yang baik Maryoto menyakini destinasi wisata ini akan kehilangan nilai jual bagi para wisatawan.

“Maryoto menekankan di kedung tumpang harus disiapkan organisasi dari BNPB, Basarnas, yang berkaitan dengan keamanan pariwisata. Setidaknya wisatawan akan melihat bila di wilayah ini ada SAR. Sehingga rasa aman nyaman itu akan muncul karena kesiapan kita untuk mengantisipasi segala sesuatu,” ujarnya.

Sementara itu Camat Pucanglaban Ali Muchtar saat di wawancarai sangat berharap adanya dukungan yang maksimal dari Pemkab Tulungagung untuk pengembangan obyek Wisata kedung tumpang ini. Karena obyek wisata ini memiliki banyak potensi untuk pengembangan obyek wisata.

Selanjutnya Ali, menyampaikan usulan agar Pemkab Tulungagung untuk membantu pengembangan obyek wisata ini berupa pembangunan sarana dan prasarana dalam rencana dan pengelolaan obyek wisata ini kedepannya. Dia juga mengatakan pariwisata itu tidak hanya sekadar membangun infrastruktur atau event, tapi safety dan security juga penting yang disebutnya bukan pekerjaan yang sederhana.

“Karena perlu koordinasi dengan banyak lintas sektor. Upaya kita sendiri, perlu adanya early warning system di sebuah destinasi wisata, serta membuat sistem manajemen krisis,” katanya.

Kepala Desa Pucanglaban, Maduki mengungkapkan kebahagiaan dan rasa bangganya serta ucapan terima kasih atas kunjungan Bupati ke tempat wisata kedung tumpang, dan berharap kepada Pemerintah agar dapat terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, untuk tempat wisata yang ada di Pucanglaban. 

"Ini penting untuk membangun dan membangkitkan Pariwisata kedung tumpang, khususnya Pariwisata di Desa Pucanglaban," tutup Maduki.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Camat Ali Muchtar, Kapolsek Iptu Ipung Herianto, S.H,M.H, Koramil di wakili wakil koramil Bati Tuud Peltu Siswo Utomo SH, Kades Pucanglaban Maduki, dan pokdarwis, BPBD, PU, Dinas Pariwisata, SatPol PP dan tokoh masyarakat, Setelah itu rombongan Bupati juga mampir berkunjung ke kampung tangguh Desa Demuk,di bekas pemancar TVRI gunung banon.

(Pewarta : Crs/Didik)

Related News

Loading...
loading...