JIMI Dukung WFH dan Tambah Cuti Lebaran PNS Bantu Urai Kemacetan Arus Mudik

Sabtu, 13/04/2024 - 12:24
Ilustrasi arus mudik lebaran
Ilustrasi arus mudik lebaran

Jakarta - Jaringan Insan Muda Indonesia (JIMI) mendukung wacana Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang menyebutkan bahwa kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk mencegah dampak buruk akibat kepadatan lalu lintas saat arus balik Lebaran.

"Untuk mencegah kepadatan arus lalu lintas dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kami mendukung penuh wacana kebijakan bekerja secara WFH bagi PNS (pegawai pemerintahan) hingga swasta," tegas Sekjen JIMI Aditya, Jumat (12/4/24).

"WFH atau perpanjang cuti adalah solusi untuk mencegah hal yang sangat buruk saat arus balik," sambungnya.

Menurutnya, WFH dapat mengurai kemacetan saat arus balik lebaran 2024. Bahkan, penerapan WFH terhadap pekerja tidak akan mempengaruhi produktivitas.

"Saya rasa WFH atau hadir fisik itu tentunya kualitasnya akan sama, yang membedakan adalah yang mudik dalam seminggu ke depan. Apabila usulan ini disetujui, tentunya halal bihalal dengan teman-teman kantor mundur seminggu, tapi efektivitasnya adalah kemacetan dapat diurai," jelasnya.

Aditya menilai usulan Menhub tersebut dapat dipertimbangkan untuk kebaikan bersama.

"Karena arus mudik dapat bertahap untuk balik ke Jakarta, sehingga kemacetan dapat diurai. Dan saya pikir usul Menhub patut dipertimbangkan oleh Presiden Jokowi untuk kebaikan kita bersama," pungkasnya. (*)

(Kontributor : Arif)

Related News