Pangkalan TNI AL Yogyakarta Bekuk TNI Gadungan Mengaku Bintara

Kamis, 11/08/2022 - 20:30
Denpom Lanal Yogyakarta bersama AB yang mengaku anggota TNI AL
Denpom Lanal Yogyakarta bersama AB yang mengaku anggota TNI AL

Klikwarta.com, Yogyakarta - Detasemen Polisi Militer (Denpom), Pangkalan TNI Angkatan Laut Yogyakarta berhasil menangkap TNI Gadungan, seorang pria berinisial "AB" yang mengaku sebagai anggota Bintara TNI AL, di Desa Bandingan Purbalingga, Kamis (11/08).

Terungkapnya kasus ini  diawali dari laporan Saudari "AY" ke Staf Intel Lanal Yogyakarta yang telah merasa ditipu sejumlah uang oleh tersangka “AB”, yang mengaku sebagai anggota TNI AL. Menindaklanjuti laporan tersebut, Sintel Lanal Yogyakarta melaksanakan penyelidikan secara seksama berkoordinasi dengan Denpom Lanal Yogyakarta dan Satsiberal, sehingga berhasil memastikan bahwa "AB" bukanlah anggota TNI AL.

.

Mendapat laporan tersebut, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, menegaskan bahwa tindakan tersebut sangat merugikan Citra TNI AL dan segera melakukan pencarian dan penangkapan.

Setelah memperoleh informasi yang tepat, Denpom Lanal Yogyakarta segera berangkatkan Tim Unit Lidkrim ke Purbalingga, tepatnya Desa Bandingan Purbalingga guna melaksanakan penyelidikan dan penangkapan terhadap Saudara "AB".

.

Saudara AB yang berhasil diringkus di rumahnya tersebut langsung dibawa ke Markas Denpom Lanal Yogyakarta guna dilakukan penyelidikan, untuk selanjutnya akan dilimpahkan ke pihak berwajib yakni Polresta Yogyakarta. Saudara “AB” dengan modus mengaku sebagai anggota TNI AL berpangkat Sertu Marinir,  untuk melancarkan aksi bejat serangkaian kejahatan guna mengelabui korbannya. 

“Tindakannya sangat merusak citra TNI khususnya TNI AL, untuk itu kepada masyarakat agar lebih berhati-hati, jangan mudah percaya pada orang yang tidak dikenal, terlebih belum jelas identitasnya”, pesan Danlanal Yogyakarta.

(Kontributor : Arif)

Related News