Staf Presiden RI Apresiasi Inovasi Pengelolaan Sampah di Cilegon

Jumat, 12/08/2022 - 01:27
Swafoto Walikota Cilegon bersama Staf Presiden RI
Swafoto Walikota Cilegon bersama Staf Presiden RI

Klikwarta.com, Cilegon - Walikota Cilegon Helldy Agustian menerima kunjungan kerja kantor Staf Presiden Republik Indonesia terkait program pengelolaan sampah Kota Cilegon di ruang rapat Walikota Cilegon, Kamis (11/08).

Helldy dalam sambutannya meminta dengan adanya kunjungan Staf Presiden Republik Indonesia dapat memberikan dukungan kepada Kota Cilegon yang telah melahirkan inovasi dalam pengelolaan sampah di Kota Cilegon.

.

"Semoga dengan kunjungan Staf Presiden RI ke Kota Cilegon terkait pengelolaan sampah dapat memberikan dukungan kepada pemerintah Kota Cilegon yang telah melakukan inovasi pengelolaan sampah menjadi co firing batubara, co firing ini sendiri memiliki harga yang sama dengan batubara," ucapnya. 

Helldy juga menambahkan dengan adanya kerjasama dengan PLN, Cilegon akan membangun pabrik pengelolaan sampah pertama di Indonesia. "Pemerintah kota dibantu PLN sedang membangun pabrik pengelolaan sampah yang akan selesai Oktober nanti, ini merupakan pabrik pengelolaan sampah pertama di Indonesia," terangnya. 

Selanjutnya, harapan Helldy nantinya pabrik pengelolaan sampah ini dapat diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi, "Saya harap nantinya pak Jokowi langsung yang meresmikan pabrik ini, supaya dapat ditunjukan juga saat perhelatan G20 nanti," ujarnya. 

.

Sementara itu, Tenaga Ahli Utama Kedeputian Staf Presiden, Trijoko M. Solehudin menyampaikan kedatangannya di kota Cilegon untuk mengetahui informasi mengenai program pengelolaan sampah di Kota Cilegon. "Kunjungan saya merupakan tugas untuk memastikan program realitas nasional dapat terwujud dan tidak mangkrak, dan memastikan programnya adalah nyata dan bermanfaat," ujarnya. 

Trijoko juga mengapresiasi program pengelolaan sampah di Kota Cilegon sebagai inovasi yang positif. "Pilihan teknologi pengelolaan sampah ini kan banyak, yang jadi menarik di Kota Cilegon adalah keterlibatan PLN sehingga menjadi solusi pengelolaan sampah menjadi bahan bakar bukan ditimbun lagi," pungkasnya.

(Kontributor : Safarudin)

Related News