Cegah Genangan Air, Dinas PU Bina Marga Lakukan Pengeprasan Bahu Jalan

Senin, 19/07/2021 - 11:52
Sekretaris Dinas (Sekdin) PU Bina Marga Kabupaten Malang Suwiknyo
Sekretaris Dinas (Sekdin) PU Bina Marga Kabupaten Malang Suwiknyo

Klikwarta.com, Kabupaten Malang - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) pengelola jembatan dan jalan, laksanakan pengeprasan bahu jalan, di beberapa lokasi, belum lama ini. Pengeprasan berupa tanah bahu jalan yang lebih tinggi, dikepras menjadi lebih rendah dari jalan.

Beberapa ruas jalan yang menjadi lokasi pekerjaan pengeprasan, antara lain, ruas jalan Tangsi - Pujiharjo Kecamatan Tirtoyudo, Kedungmonggo-Mendalan Wangi Kecamatan Pakisaji dan Pandesari Pasar Pujon.

Sekretaris Dinas (Sekdin) PU Bina Marga Kabupaten Malang, Suwiknyo, Minggu (18/7/2021), menjelaskan, giat tersebut dilakukan agar air yang terdapat di jalur lalu lintas, dapat mengalir ke saluran drainase. Sehingga, air tak menggenang di badan jalan yang mengakibatkan terjadinya banjir di jalan raya.

Menurut dia, pengeprasan dianggap cukup efektif untuk mencegah genangan air di jalan raya. Sebab, setelah gundukan tanah di bahu jalan diratakan, maka air yang berada di jalan akan lebih mudah untuk mengalir ke drainase.

Giat pengeprasan bahu jalan ini, kata Wiknyo, adalah bagian dari program rutin pemeliharaan jalan dan sudah berlangsung lama. Selain mencegah terjadinya genangan air di jalan, pengeprasan juga bertujuan untuk menjadikan badan jalan bertambah lebar. 

Targetnya, jalan menjadi lebih lebar, air hujan langsung mengalir ke saluran dan jalan akan menjadi lebih awet.

"Jika jalan lebar, maka pengendara akan merasa aman dan nyaman saat berkendara, terutama saat bersimpangan dengan kendaraan besar, akan menjadi lebih mudah", ujar dia.

Guna memastikan kondisi jalan di Kabupaten Malang tetap mantap, maka Dinas PU Bina Marga akan terus melaksanakan pemeliharaan rutin, salah satunya pengeprasan bahu jalan, demikian tutup Wiknyo.

(Pewarta : Edy)

Related News

loading...