Disaksikan Bupati Blitar, Sandiaga Apresiasi Kekompakan Warga Desa Semen Blitar Bangun Desa Wisata Berbasis CBT

Rabu, 29/06/2022 - 22:49
Menteri Sandiaga Saat Disela Kunjungannya di Desa Wisata Desa Semen, Gandusari, Kabupaten Blitar bersama Bupati Blitar Rini Syarifah dan Masyarakat Setempat
Menteri Sandiaga Saat Disela Kunjungannya di Desa Wisata Desa Semen, Gandusari, Kabupaten Blitar bersama Bupati Blitar Rini Syarifah dan Masyarakat Setempat

Klikwarta.com, Kabupaten Blitar - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengapresiasi kekompakan warga Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar membangun desa wisata yang dikonsep dengan pariwisata berbasis komunitas atau Community Based Tourism (CBT).

Ini ia sampaikan dihadapan awak media saat selesai mengunjungi Desa Semen yang masuk 50 besar nasional dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 dengan tema besar Desa Wisata Indonesia Bangkit, Rabu (29/6/2022).

"Bahwa ini dikerjakan bersama-sama dalam konsep pariwisata berbasis komunitas, CBT, Community Based Tourism. Dan ini banyak peluangnya untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan penghasilan karena kita lihat banyak produk-produk ekonomi kreatif yang sangat beragam," ucapnya. 

Dikatakannya, melihat saat ditengah pandemi saja tingkat pengunjung desa wisata sudah naik mencapai tiga puluh persen. Artinya, sambung dia, itu menunjukkan adanya sekitar 1,1 juta lapangan pekerjaan baru yang diciptakan. Ini masih bisa direalisasikan asal tetap menjaga momentum kebangkitan pasca pandemi. 

"Namun ekonomi sekarang mengalami banyak tantangan. Harga-harga bahan pokok meningkat. Kami berkomitmen dengan kegiatan desa wisata ini ekonomi masyarakat akan terbantukan," ungkapnya.

Pembantu presiden yang akrab dipanggil Mas Menteri ini berharap pariwisata di Indonesia kedepan semakin menyentuh masyarakat lapisan bawah. Pariwisata menurutnya tidak hanya milik kuasa masyarakat menengah ke atas, namun pariwisata harus bisa mensejahterakan masyarakat menengah ke bawah. "Pariwisata bukan hanya untuk yang berduit. Tapi pariwisata harus bisa mampu mensejahterakan masyarakat," tandasnya.

Terpisah, Bupati Blitar Rini Syarifah yang juga ikut mendampingi Sandiaga saat melihat kondisi desa wisata di Desa Semen itu menyampaikan terimakasih kepada Menteri Sandiaga atas kunjungannya kembali ke Kabupaten Blitar setelah satu tahun lalu di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, terkait desa wisata. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, menurutnya siap untuk terus berupaya menguatkan kapasitas desa wisata sebagai sarana pengembangan ekonomi masyarakat dan edukasi wisata. Bupati Rini optimis Desa Semen mampu meraih prestasi terbaik di ADWI tahun ini. 

"Terimakasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga yang kembali berkunjung ke Kabupaten Blitar," tukasnya. 

Informasi lebih lanjut, Bupati Rini saat mendampingi Menteri Sandiaga juga bersama Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Mujib, Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar Zaenal A., jajaran Forkopimda hingga kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Blitar. 

Pantauan pewarta Klikwarta.com di lokasi kegiatan, banyak warga yang datang untuk melihat Menteri Sandiaga saat mengunjungi Desa Wisata Desa Semen. Kegiatan itu turut diamankan aparat kepolisian dan TNI, hingga masyarakat yang diberikan tugas terkait. 

 

(Pewarta : Faisal NR)

Related News