Dukung Program Pemerintah, Serda Vika Dampingi Pelaksanaan BIAS

Rabu, 28/09/2022 - 16:42
Serda Vika saat mendampingi imunisasi anak
Serda Vika saat mendampingi imunisasi anak

Klikwarta.com, Ngawi - Babinsa Koramil 0805/10 Sine Kodim 0805/Ngawi Serda Vika melaksanakan pendampingan pada kegiatan BIAS ( Bulan Imunisasi Anak Sekolah ) bertempat di Sekolah Dasar binaan UPT Puskesmas Sine, Rabu (28/09/2022).

Di sela-sela kegiatannya Serda Vika menyampaikan bahwa BIAS adalah merupakan program kesehatan secara nasional meliputi pemberian Imunisasi pada anak sekolah tingkat dasar dilaksanakan satu kali setahun pada setiap bulan Juli untuk Imunisasi campak dan Bulan September untuk imunisasi DT dan Td.

Pemberian imunisasi atau vaksin kepada anak sekolah ini merupakan kebijakan pemerintah pusat yang harus
dilaksanakan di seluruh Indonesia. 

Serda Vika juga menyampaikan Imunisasi adalah suatu cara untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga bila kelak ia terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan menderita penyakit tersebut, ucapnya.

Sedangkan Imunisasi lanjutan adalah imunisasi ulangan untuk mempertahankan tingkat kekebalan di atas ambang perlindungan atau untuk memperpanjang masa perlindungan.

Pelaksanaan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) ini dilaksanakan oleh puskesmas dan monitoring dilakukan oleh dinas kesehatan.

Pada masa Pandemi ini Puskesmas Sine juga melaksanakan kegiatan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) kepada siswa kelas 1 Sekolah Dasar dengan jenis imunisasi yaitu : MR/Campak di SDN Tulakan 6 sebanyak 38 siswa dan MI Yaspi Bayemrejo sebanyak 49 siswa, ucap Serda Vika.

(Kontributor : Arif)

Related News