Sertijab, Kalapas dan Karutan Kotaagung Diganti

Selasa, 14/01/2020 - 20:52
Sertijab Kalapas dan Karutan
Sertijab Kalapas dan Karutan

Klikwarta.com, Kotaagung - Serah terima jabatan (Sertijab) dan pisah sambut antara kepala Lapas (Kalapas) IIB Kotaagung H. Sohibur Rachman, A.Md.IP,.S.Sos.,MH dengan Beni Nurrahman A.Md.IP. ,IP., SH.MH dan Kepala Rutan (Karutan) IIB Kotaagung dari sebelumnya Heri, A.Md.IP.,SH.,MH digantikan Akhmad Sobirin Soleh, A.Md.IP.,S.H. kegiatan Sertijab ini dilaksanakan di Gedung Lapas yang bertempat diPekon Way Gelang Kecamatan Kotaagung Barat, Selasa (14/01/2020).

Hadir dalam acara Sertijab tersebut Asesor Ahli Utama BPSDM Kementerian Hukum Dan Ham RI Dr.H. Sudirman D. Huri, Kadiv Administrasi Kemenkumham Wilayah Lampung Ida Asep Samara BC.IP.S.Sos.MM, Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani SE.MM, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo, Kapolres Tanggamus AKBP. Hesmu Baroto S.IK, Stapi Ahli Bupati Pringsewu Relawan, Kepala BNNK Tanggamus Kholbidi, Kepala Basarnas Deni Mezo, Kepala BPN Rudi Prihantoro, Kepala Pengadilan agama Drs.H. Asrori, Camat Kotaagung Syarif Zulkarnain, Camat Kotaagung Barat Erlan Deni Saputra, USPIKA Kecamatan, Tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Dalam sambutannya Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE.MM menyampaikan bahwa, Acara pisah sambut serah terima ini adalah suatu hal yang lumrah terjadi di setiap instansi hal yang biasa, kedepan mudah-mudahan akan dapat menjalankan fungsi dan tugas koordinasi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Pada kesempatan ini bupati mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Kalapas dan Karutan yang lama selamat jalan dan selamat bertugas ditempat yang baru terima kasih atas kerjasamanya atas pengabdiannya diberikan kepada masyarakat Kabupaten Tanggamus dan juga Pringsewu.

"Kami berharap mudah-mudahan silaturahmi tidak akan pernah terputus, begitu banyak tentunya pengabdian yang diberikan, dalam hal ini kami melihat pembinaan yang diberikan kepada warga kami yang bermasalah secara hukum ini sangat baik, karena memang salah satu tugas fungsi baik itu dari kalapas khususnya dan juga memberikan motivasi kepada warga binaan kepada mereka-mereka yang mungkin pernah melakukan kesalahan secara hukum tapi bagaimanapun juga mereka adalah makhluk adalah mahluk ciptaan Tuhan yang maha kuasa," jelas Bupati.

Lanjutnya, salah satu tugas fungsi pokok yang dilakukan dari lapas dan rutan Kotaagung ini adalah dengan memberikan pendampingan, baik itu dari sosialnya ataupun secara kerohaniannya dan juga memberikan motivasi dan keyakinan agar warga binaan yang pernah di Kotaagung ini untuk kedepannya akan bisa menjadi lebih baik lagi karena kegiatannya dirinya lihat sangat banyak sekali kegiatan pelatihan keterampilan, juga kegiatan kerohanian. 

"Perlu kami sampaikan prestasi yang diraih juga cukup banyak, salah satu contoh kalapas pernah mendatangkan dirjen kementerian Hukum dan HAM RI ke Kabupaten Bumi begawi Jejama ini, kami berharap mudah-mudahan Kabupaten Tanggamus akan memberikan kenangan yang begitu indah kepada kalapas dan karutan, serta  tali silaturahmi tidak akan pernah terputus dan akan senantiasa selalu tetap terjalin,"kata Bupati. 

Staf Ahli Bupati Pringsewu Relawan juga turut mengatakan bahwa, melalui serah terima jabatan ini dapat bekerja keras untuk mengambil inisiatif dan melaksanakan tugas dengan baik sebagai mitra kerja pemerintah daerah. mutasi jabatan ini adalah proses alamiah yang harus yang harus kita lalui karena semua itu merupakan kehendak dan kebutuhan suatu organisasi yang sehat dinamis dalam rangka pengembangan karir, hal ini merupakan salah satu bukti keseriusan dan kepercayaan pimpinan Kementerian hukum dan HAM melakukan regenarasi, kaderisasi dan pembinaan karir bagi pegawai dalam rangka mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi untuk mewujudkan visi dan misi serta tujuan organisasi.

"Oleh karena itu Pemerintah kabupaten Pringsewu senantiasa mendukung dan membantu serta membuka ruang informasi terkait pembinaan terhadap warga binaan lapas yang berasal dari kabupaten Pringsewu, untuk itu kami mengharapkan akan selalu terjalin komunikasi yang intens terkait hal-hal yang dibutuhkan untuk melakukan pencapaian yang lebih baik, seseorang tidak bisa hanya bertahan di tempat atau jabatan yang sama tidak ada kehidupan yang lebih baik yang bisa didapatkan tanpa melakukan perpindahan,"ungkap relawan

Dalam Amanatnya Asesor Ahli Utama BPSDM Kementerian Hukum Dan Ham RI menyampaikan, serah terima jabatan rotasi adalah hal yang biasa terjadi tapi ada makna yang terkandung didalamnya, Kementerian hukum dan HAM dengan deklarasi kinerja yang kemarin sudah dilaksanakan yaitu, kerja itu hanya asal bekerja, kerja cepat, tidak cepat saja harus tepat. Para Karutan dan Kalapas yang baru dilantik senantiasa meningkatkan profesionalisme, bangun perilaku yang lebih soft, tidak lagi berbicara solidaritas namun itu menjaga soliditas jangan sampai kendor, memang ini adalah instansi vertikal tapi tugas yang dilakukan oleh instansi pemasyarakatan lapas dan rutan pada hakekatnya adalah untuk Kabupaten atau Kota yang ada di wilayah.

"Jadi tadi saya katakan bukan membangun soliditas tapi menjaga soliditas, Sinergitas itu bukan hanya sekedar dibicarakan tapi memang betul- betul dilaksanakan, dalam hal ini dapat saya lihat dengan kehadiran para pihak yang  yang memang punya tanggung jawab dan kepentingan yang sama bahwa pengelolaan lembaga  ini adalah tugas bersama. Saya lihat lapas ini memang cukup bagus dengan jumlah yang memang relatif sangat banyak tapi mungkin kami juga meminta kepada ibu Bupati beserta jajaran sebaik-baiknya penjara, tidak baik untuk pembina tempat yang paling baik adalah di tengah-tengah masyarakat,"ujarnya.

Tambahnya, lapas Kotaagung saat ini telah ditetapkan sebagai lapas minimum security, jadi di sini akan lebih memudahkan mereka dikunjungi atau mereka disosialisasikan dengan masyarakat karena secara koneksi dalam pembinaan warga binaan yang ditempatkan di sini adalah warga binaan yang memang perubahan perilakunya itu sudah menunjukkan kearah yang jauh lebih baik, untuk itu dukungan dari semua pihak dalam rangka melaksanakan proses revitalisasi dengan penempatan lapas Kotaagung sebagai lapas minimum security, tentunya  mengharapkan sekali bantuan dari pemerintah daerah. Kepada para pejabat baru dimohon untuk melaksanakan Amanah ini dengan sebaik-baiknya, lapas maupun rutan Kotaagung akan didorong untuk menjadi satuan kerja yang menuju wilayah bebas korupsi.

"Reformasi birokrasi yang telah berjalan diharapkan memberikan perubahan perilaku terhadap seluruh jajaran yang ada di lingkungan lapas dan rutan. kita ini bukan bos di sini terhadap warga binaan kita ada atau kita hadir adalah untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga binaan itu, yang paling penting kepada para pejabat baru. Dimohon juga bimbingan dan arahannya dari seluruh pihak dari ibu Bupati Pak Bupati dari jajaran forkopimda di dua Kabupaten ini,"pungkasnya. (Lie)

peristiwa

tmmd

Related News