Tangkap 3 Tersangka, Polres Oku Timur Ungkap Kosmetik Palsu Mengandung Merkuri

Rabu, 23/11/2022 - 23:32
Kapolres Oku Timur, AKBP Nuryono, SH.SiK,MM., didampingi kasat Reskrim, AKP Hamsal, SH. MH saat Konferensi Pers, Rabu (23/11/2022).
Kapolres Oku Timur, AKBP Nuryono, SH.SiK,MM., didampingi kasat Reskrim, AKP Hamsal, SH. MH saat Konferensi Pers, Rabu (23/11/2022).

Klikwarta.com, Oku Timur - Anggota Polres Ogan Kemering Ulu (Oku) Timur, Polda Sumsel, berhasil mengungkap kasus kejahatan peredaran kosmetik palsu yang mengandung merkuri.

Terungkapnya kasus tersebut berawal dari tiga orang tersangka yakni Riko, Ribet dan Hasan, yang berhasil ditangkap dan sudah diamankan berikut Barang Buktinya berupa kosmetik palsu, Selasa (22/11/2022) kemarin.

Kapolres Oku Timur, AKBP Nuryono, SH.SiK,MM., didampingi kasat Reskrim, AKP Hamsal, SH. MH, saat Konferensi Pers, Rabu (23/11/2022), menyampaikan, sejumlah kosmetik yang sudah diamankan dari tangan ketiga tersangka merupakan produk palsu, bahkan tidak terdaftar di BPOM.

"Ketiga tersangaka ditangkap saat sedang berjualan di Pasar Desa Suka Negeri, Kecamatan Semendawai Barat, kabupaten Oku Timur", ujar Kapolres.

Lanjutkan menjelaskan, semua produk kosmetik yang dijual ketiga tersangka mengandung zat berbahaya.

"Meskinpun beberapa kosmetik memiliki label produk ternama, sudah kita uji melalui laboratorium semuanya mengandung zat kimia berbahaya merkuri", jelas Kapolres.

"Ketiga tersangka pelaku akan dikenakan pasal 196 Jo pasal 98 Ayat 2 dan Ayat 3 Undang-undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan", pungkas Kapolres sembari berpesan kepada masyarakat, khususnya di wilayah Hukum Polres Oku Timur agar tetap berhati-hati dalam memilih kosmetik yang saat ini banyak beredar, karena tidak sedikit yang mengandung zat berbahaya dan jangan tergiur dengan harga yang relatif murah dan proses yang cepat.

(Pewarta: Aliwardana)

Related News