TNI-Polri, BPBD dan Instansi Terkait Gelar Latihan Gabungan SAR & Karhutla

Rabu, 28/09/2022 - 16:55
Latihan SAR dan Karhutla
Latihan SAR dan Karhutla

Klikwarta.com, Madiun – Tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD Kabupaten, Dinas Kehutanan dan Tim Pemadam Kebakaran Madiun dengan menggelar latihan gabungan (Latgab) di Waduk Bening, Dusun Petung, Desa Pajaran, Kec. Saradan, Kab. Madiun, Rabu (28/9/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 28 s.d 29 September 2022 ini difokuskan pada penanganan dua kejadian bencana, yakni, Search And Rescue (SAR) permukaan air dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).
 
Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Meina Helmi, S.Sos., melalui Kasdim Mayor Arh Wahyu Susilo, mengatakan bencana alam menjadi atensi dari pemerintah, terkait hal itu, perlu dilaksanakan kegiatan latihan gabungan SAR dan penanganan Karhutla. 

"Selama pelaksanaan latihan agar seluruh personel semangat dan serius karena latihan ini merupakan upaya untuk melakukan penanggulangan bencana," kata Kasdim pada pembukaan latihan gabungan SAR dan Karhutla di Waduk Bening, Rabu (28/9/2022).

Kegiatan Latihan SAR dan karhutla oleh Gabungan TNI-Polri, BPBD serta instansi terkait tersebut merupakan salah satu upaya untuk saling bersinergi dalam rangka antisipasi bahaya karhutla pada musim kemarau.

"Latihan ini bertujuan untuk menangani bencana dengan cepat serta terintegrasi apabila sewaktu-waktu terjadi, serta dapat bersinergi dan bekerjasama dengan instansi terkait dalam penanganan bencana tersebut," pungkasnya.

(Kontributor : Arif)

Related News