Tradisi Imlek Tahun Naga Kayu ala The Southern Hotel Surabaya

Sabtu, 10/02/2024 - 19:42
The Southern Hotel Surabaya
The Southern Hotel Surabaya

Klikwarta.com, Surabaya - Tahun baru imlek 2024 dirayakan pada tanggal 10 Februari. Malam sebelum perayaan hari raya, masyarakat keturunan Tionghua di Indonesia biasanya mengadakan makan malam bersama. 

Momen sekali dalam setahun ini memiliki makna tersendiri bagi sebagian besar keluarga, sehingga makanan yang disajikan pun memiliki beberapa makna yang menjadi suatu doa dan harapan untuk setahun kedepan.

Tahun 2024 merupakan perayaan untuk shio naga, khususnya naga kayu. Naga yang menjadi lambang kehormatan, ketangguhan, dan keberuntungan diharapkan bisa membawa hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari selama setahun kedepan oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia. 

“Banyak atribut naga yang sudah mulai terpasang di beberapa tempat publik, seperti pusat perbelanjaan, penginapan, dan sekolah-sekolah. Hal ini dilakukan untuk memeriahkan perayaan tahun baru imlek 2024, urai General Manager The Sourthern Hotel Surabaya, Kencana Herdianto. Jumat, (09/2/2024) malam.

The Southern Hotel Surabaya berpartisipasi untuk merayakan tahun baru imlek 2024, mulai dari tanggal 1 Februari, terlihat dekorasi bernuansa imlek, seperti dewa uang, naga, pohon uang, dan juga koin-koin emas di beberapa area hotel. 

“Tahun ini, The Southern Hotel menyajikan bukan sekedar hidangan untuk merayakan malam pergantian tahun baru imlek, namun dilengkapi juga dengan pertunjukan tari “Barongsai”, dan hiburan lainnya seperti, oriental live music, lucky tree, oriental buffet menu, dan banyak lainnya untuk tamu yang datang dalam acara makan malam yang berjudul “Heaven Emperor,” papar Food & Beverage Manager, Budi Utomo.

Menu makan malam yang tersaji pada acara “Heaven Emperor” juga berbeda dibandingkan hari-hari lainnya. Yusheng yang menjadi menu identik perayaan tahun baru imlek tentu akan dihadirkan kembali ditahun ini.

“Selain itu, ada juga menu lainnya seperti pecking duck, prawn and chicken dumpling, traditional chinese style jellyfish, authentic pomelo with mandarin orange salad, sauteed chinese cabbage with seafood mushroom, Mie goreng ala Hokong dengan ayam dan paprika, fish with beurre blanc sauce, steamed fish with ginger garlic coriander sauce,” ucap Executive Chef, The Southern Hotel Surabaya, Chef Sarto.

Adanya perayaan ini juga menjadi bentuk harapan dan doa dari segenap management The Southern hotel, untuk satu tahun kedepan yang penuh dengan keberkahan, kehormatan, dan ketangguhan. 

“Semoga semua bisa dilancarkan dan membawa kebahagiaan bagi semuanya. The Southern Hotel, ‘as unique as your imagination’,” tutur Marcomm Coordinator The Southern Hotel Surabaya, Reimons Santoso. (*)

(Kontributor : Arif)

Related News