Pasca Terjadi Longsor, Babinsa Koramil 0801/07 Ngadirojo Gotong Royong Bantu Warga.

Selasa, 24/01/2023 - 23:07
Babinsa Koramil 0801/07 Ngadirojo saat Gotong Royong Bantu Warga.
Babinsa Koramil 0801/07 Ngadirojo saat Gotong Royong Bantu Warga.

Klikwarta.com, Pacitan - Pasca hujan dengan intensitas ringan yang mengguyur wilayah Kec. Ngadirojo dan sekitarnya, sehingga mengakibatkan terjadi tanah longsor menimpa salah satu rumah warga, Bpk Sunardi yang beralamat di Dusun Gauto, RT. 01, RW. 05, Desa Wonokarto Kec. Ngadirojo Kab. Pacitan, Selasa (24/01/2023). 

Atas musibah tersebut, pemilik rumah untuk sementara waktu mengungsi ketempat yang lebih aman. Tidak ada korban luka maupun nyawa saat terjadi longsor, akan tetapi rumah mengalami rusak berat, dan tidak bisa ditempati lagi.

Menyikapi hal tersebut, kemudian Babinsa bergerak cepat melakukan pemantauan dan pengecekan di lokasi kejadian. Lalu berkoordinasi dengan Perangkat Desa, untuk mengajak masyarakat sekitar melakukan pembersihan sisa puing-puing bangunan yang hancur akibat diterjang longsor secara gotong royong. 

s

Menurut keterangan Serda Sukri Babinsa Koramil 0801/07 Ngadirojo Kodim 0801/Pacitan mengatakan bahwa memang benar telah terjadi longsor yang menimpa rumah warga di wilayah binaannya. Akibatnya rumah mengalami rusak berat, sehingga tidak bisa ditempati lagi. 

"Untuk saat ini kami beserta masyarakat sekitar, masih melakukan evakuasi dengan membersihkan puing-puing bangunan yang hancur akibat diterjang longsor. Terkait kerugian akibat musibah tersebut, pemilik rumah masih belum bisa memastikannya", ujar Babinsa saat berada di lokasi kejadian. 

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, dirinya juga mengingatkan kepada warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, mengingat musibah bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. 

"Mengingat wilayah Kecamatan Ngadirojo sebagian besar merupakan daerah perbukitan serta rawan terjadi bencana, kami menghimbau agar warga selalu tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi, untuk menghindari kerugian lebih besar lagi", tutur Babinsa.

(Kontributor: Arif)

Related News