Pastikan Terintegrasi Satu Sehat, Rumkit Bhayangkara Terima Monev SIRS Dan RS Online Dinkes Kota Palangka Raya

Kamis, 07/03/2024 - 19:44
 Rumkit Bhayangkara Terima Monev SIRS Dan RS Online Dinkes Kota Palangka Raya
Rumkit Bhayangkara Terima Monev SIRS Dan RS Online Dinkes Kota Palangka Raya

Klikwarta.com, Palangka Raya - Perlu diketahui bersama, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Rumkit Bhayangkara Palangka Raya telah terintegrasi dengan platform SATUSEHAT Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dalam mendukung transformasi kesehatan di Indonesia.

SATUSEHAT merupakan platform integrasi data kesehatan individu antar fasyankes untuk standardisasi dan interoperabilitas data menuju penerapan rekam medis elektronik (RME) di seluruh fasyankes pada tahun 2023 yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis.

Maka dari itu, untuk mengoptimalkan platform tersebut berjalan dengan baik maka diperlukan monitoring dan evaluasi dari beberapa aspek seperti pelaporan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) atau RS Online yang tepat dan akurat.

Pada hari Kamis, (7/3/2024) siang, Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya menerima Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pemanfaatan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) dan RS Online dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya bertempat di Aula Gawi Hapakat Rumkit Bhayangkara setempat.

Dalam kegiatan tersebut, Tim Monev Dinkes kota Palangka Raya yang diketuai oleh Nurul Komariah, S.Si,.M.Kes disambut baik oleh Kepala Sub Bidang Pelayanan Medik dan Kedokteran Kepolisian (Kasubbidyanmeddokpol) Rumkit Bhayangkara Palangka Raya Penata Susanta Imelda, S.Kep.,Ners., mewakili Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Kompol dr. Anton Sudarto beserta jajaran.

Dalam sambutannya, Nurul menyampaikan bahwa monev SIRS dan RS Online yang dilaksanakan Dinkes kota Palangka Raya ini merupakan monev pertama di tahun 2024 terkait pemanfaatan Sistem Kesehatan Kemenkes RI.

“Maksud dari monev ini adalah untuk melihat dan mengevaluasi secara langsung Sistem Pencatatan dan Pelaporan Rumah Sakit yang Tepat serta Akurat oleh operator khususnya di Rumkit Bhayangkara Palangka Raya. Tujuannya yaitu untuk peningkatan mutu pengelolaan sistem pecatatan dan pelaporan Rumah Sakit secara nasional”, tuturnya.

Sementara itu, Kasubbidyanmeddokpol Rumkit Bhayangkara Palangka Raya Penata Susanta Imelda, S.Kep.,Ners., mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan monev yang dilakukan Tim Dinkes kota Palangka Raya.

“Sampai saat ini Rumkit Bhayangkara Palangka Raya terus berupaya mendukung dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia melalui tranformasi kesehatan dengan Sistem Pencatatan dan Pelaporan Rumah Sakit yang rutin sampaikan dengan cepat serta akurat”, tutupnya.

Kontributor : Arif

Related News