Pengukuhan Pramuka Saka Bahari Lanal XI Merauke

Minggu, 24/07/2022 - 07:59
Danlantamal XI saat pengukuhan saka bahari
Danlantamal XI saat pengukuhan saka bahari

Klikwarta.com, Merauke - Lantamal XI. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke melaksanakan pengukuhan Pramuka Saka Bahari dan pembinaan komponen pendukung Lantamal XI Merauke, yang bertempat di Kampung Kumbe, Sabtu (23/07). 

Bertindak sebagai pembina upacara di acara tersebut yaitu Kolonel Laut (P) Endra Kusuma, M.Tr.Opsla pembina Pramuka Saka Bahari Dispotmar Lantamal XI yang sehari-hari menjabat sebagai Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal XI.

Adapun tujuan pelaksanaan pengukuhan Pramuka Saka Bahari didasari sebagai tugas Lantamal XI sebagai satuan komando kewilayahan yang memliki tugas diantaranya pemberdayaan wilayah pertahanan yang salah satunya dilaksanakan melalui pembinaan potensi sumber daya manusia yang disiapkan menjadi komponen cadangan dan komponen pendukung. 

.

Danlantamal XI, Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H ditempat terpisah mengatakan tujuan dari pelaksanaan pengukuhan Pramuka Saka Bahari dan pembinaan komponen pendukung Lantamal XI Merauke yaitu dalam rangka pembentukan KBN (Kampung Bahari Nusantara) dimana salah satu kluster yang terdapat didalamnya adalah kluster pertahanan, Lantamal XI melaksanakan pengukuhan Pramuka saka bahari dan beberapa atlet binaan.  Para pemuda tersebut akan mendapatkan pembinaan berupa, cara berorganisasi, wawasan kebangsaan, bela negara, ideologi Pancasila dan berbagai kegiatan positif kepemudaan. 

“Diharapkan kegiatan ini akan terus berlanjut guna mencetak generasi penerus yang tangguh dan dapat berkontribusi positif kepada masyarakat, negara dan bangsa”. Ungkap Danlantamal XI.

Kegiatan pengukuan pengukuhan Pramuka Saka Bahari ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan Negara.

(Kontributor : Arif)

Related News