Erick Thohir Konsisten Benahi Mental Karyawan BUMN

Kamis, 29/02/2024 - 05:04
Karyawan BUMN
Karyawan BUMN

Klikwarta.com, Balikpapan - Menteri BUMN RI Erick Thohir terus konsisten memperbaiki kesehatan mental karyawan BUMN melalui roadshow event dengan mengajak generasi muda BUMN untuk terlibat dan peduli soal mental health. Acara bertajuk 1000 Manusia Bercerita yang merupakan roadshow ke-5 diselenggarakan pada Selasa (27/2) di Watu Beach Lamaru, Balikpapan, Kalimantan Timur. Sebanyak 300 karyawan muda BUMN dari generasi millenials dan Gen Z mengikuti kegiatan tersebut.

Erick Thohir melalui Staf Khusus III, Arya Sinulingga, mengungkapkan bahwa Menteri Erick ingin karyawan BUMN memiliki mental yang kuat dan sehat sedari usia muda agar  ketika kelak menjadi pimpinan di BUMN dapat memberikan kinerja positif. 

“Kinerja ini tentu meliputi dua aspek dari sisi perusahaan maupun karyawan. Bisa membawa perusahaan agar konsisten profit disisi lain juga memiliki karyawan dengan kesehatan jasmani dan mental yang baik. Apalagi Pak Erick terus mendorong agar individu berusia di bawah 40 tahun dapat menjadi pemimpin perusahaan. Pak Menteri sangat peduli terhadap kesehatan mental, itulah sebabnya BUMN didorong menjadi pelopor dalam hal kesehatan mental,” jelas Arya.

Hal ini sejalan dengan Employee Well-being Policy (EWP) yang sudah dirilis oleh Menteri BUMN beberapa waktu. EWP merupakan pondasi agar seluruh BUMN dan karyawannya tidak hanya mengejar profit untuk perusahaan namun juga memberikan keseimbangan bagi kesehatan mental karyawan.

Dalam kegiatan 1000 Manusia Bercerita terdapat diskusi inspiratif dengan sejumlah tokoh yang mempunyai pengalaman erat mengenai kesehatan mental diantaranya Aurelie Moeremans (aktris), Adinda Cresheilla (Putri Indonesia Pariwisata 2022), Hendrick Tanuwidjaja (Praktisi Mindfulness), Raden Prisya (Mindfulness & Well-being Coach), Fadjar Djoko Santoso (Millenials/BUMN Runners & VP Corporate Communication Pertamina).

Terdapat juga sesi konsultasi khusus tatap muka dengan psikolog untuk penanganan kesehatan mental.

Selain mengajak karyawan BUMN di Kalimantan pada acara 1000 Manusia Bercerita,  terdapat workshop influencer BUMN untuk peningkatan kompetensi komunikasi karyawan BUMN lewat media sosial. Workshop diisi dengan sesi dan tema khusus membuat konten Ibu Kota Negara (IKN) dan aset BUMN di Balikpapan. Rangkaian event ditutup dengan acara lari pagi Fun Run 5K pada Rabu (28/2) bersama seluruh peserta event dan BUMN Runners Kalimantan dengan rute start dimulai dari Lapangan Merdeka sampai dgan Kompleks Perumahan Pertamina Balikpapan.

Adapun seluruh rangkaian kegiatan event merupakan kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan Pertamina, Pegadaian, Bukit Asam dan Pembangunan Perumahan (PP). Kalimantan Timur (Balikpapan) dipilih sebagai kota ke-5 dalam rangkaian roadshow event setelah sebelumnya diadakan di Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (Magelang), Jawa Timur (Malang), dan Bali (Denpasar).

Kontributor: Arif

Related News