Tradisi Meron Bisa Jadi Magnet Wisata Budaya

Senin, 10/10/2022 - 09:43
Tradisi Meron masyarakat Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati
Tradisi Meron masyarakat Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati

Klikwarta.com, Pati - Pembukaan tradisi meron Sukolilo tahun 2022 di Masjid Baitul Yaqin turut dihadiri Pj Bupati Pati, Kapolres Pati, Bapermades Provinsi Jateng, Kepala Bappeda, DPRD, Muspika dan para tamu undangan, Minggu (9/10). 

Pj Bupati Pati Henggar menyambut baik sekaligus mengapresiasi penyelenggaraan Tradisi Meron Sukolilo yang telah diadakan secara turun temurun dalam rangka memperingati Maulid Nabi.

Henggar berharap tradisi ini dapat dirawat dan dijaga dengan baik sehingga Meron bukan hanya sekedar menjadi hiburan bagi masyarakat. Namun lebih dari itu, Henggar menginginkan agar generasi muda memahami dan mengenal filosofi Meron sebagai bukti sejarah dan peran Walisongo dalam mensyiarkan agama Islam di tanah Jawa.

"Kita patut berbangga pada Tahun 2021 kemarin Desa Sukolilo terpilih dalam Program Desa Pemajuan Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan potensi Budaya Meron yang diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda sejak Tahun 2016," papar Pj Bupati. 

Bahkan Henggar menyebut tradisi Meron juga memperoleh pengakuan di tingkat nasional sebagai nominator tiga besar kategori Festival Tradisi Anugerah Pesona Indonesia.

Berdasar prestasi dan potensi tersebut, Pj Bupati mengatakan bahwa pelestarian Budaya Meron harus mendapatkan dukungan bersama agar dapat menjadi pondasi yang kuat dalam menamankan rasa cinta terhadap budaya daerah.

"Mari kita menjadikan Meron sebagai magnet wisata budaya yang dapat menjadi pengungkit untuk meningkatkan geliat perekonomian masyarakat," ajaknya. 

Henggar mengajak generasi muda ambil bagian untuk membranding Pati dengan gencar mempromosikan potensi unggulan daerah melalui berbagai platform media sosial yang ada sehingga citra positif Kabupaten Pati semakin dikenal oleh khalayak luas.

Terakhir, melihat animo dan antusiasme masyarakat yang cukup besar dalam acara ini, Henggar berpesan agar para pengunjung tetap menjaga ketertiban sehingga serangkaian acara meron yang diselenggarakan dapat berjalan aman dan kondusif.

"Semoga penyelenggaraan Meron Tahun ini berjalan lancar dan sukses demi mendukung kemajuan pariwisata serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pati," pungkasnya. (po3/PO/MK)

Pewarta m@s

Related News