Jelang Valentine, Satpol PP Sidak Toko Perbelanjaan

Kamis, 13/02/2020 - 23:30
Satpol PP Sidak Toko Perbelanjaan
Satpol PP Sidak Toko Perbelanjaan

Klikwarta.com, Kediri - Jelang hari valentine, petugas gabungan dari Dinas Kesehatan Kota Kediri, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Satpol PP Kota Kediri melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah toko perbelanjaan di Kediri, Jawa Timur, memantau penjualan kondom (alat kontrasepsi). 

"Kami lakukan pengecekan, bagaimana fluktuasi penjualan kondom di pasaran. Karena mendekati valentine yang biasanya para remaja berlaku negatif, dengan berbuat yang menjurus ke hubungan badan," kata Kepala Seksi Kefarmasian, Alkes dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Dinas Kesehatan Kota Kediri Sri Mulyaningtyas di Kediri, Kamis (13/02/2020).

Petugas gabungan tersebut meninjau sejumlah toko berbelanjaan, di antaranya Hypermart, Golden Swalayan, hingga retail seperti Indomaret dan Alfamart. Hasilnya, di lokasi tersebut memang dijual berbagai macam alat kontrasepsi.

Namun, dari hasil dialog yang telah dilakukan dengan petugas toko, diketahui bahwa penjualan alat kontrasepsi tidak mengalami peningkatan yang drastis. 

"Ternyata tidak ada masalah. Tidak ada peningkatan," kata dia.

Ia juga memberikan imbauan kepada petugas di toko agar displai atau tampilan alat kontrasepsi di lokasi yang tidak mudah dijangkau terlebih lagi oleh anak di bawah umur. Bahkan, saat ada yang membeli dianjurkan agar memastikan untuk melihat KTP terlebih dahulu, dilihat identitasnya sudah menikah atau belum.

"Kami juga memantau penjualan olahan cokelat serta paket untuk valentine. Paket diteliti dengan optimal, agar di dalamnya tidak terselip alat kontrasepsi", pungkas Sri Mulyaningtias. (aji)

Related News

Loading...
loading...