Dikira Tugu, Ternyata Lingga Mas

Sabtu, 08/02/2020 - 15:18
Batu Diduga Lingga Mas
Batu Diduga Lingga Mas

Malang, Klikwarta.com - Batu berdiri memanjang berbentuk segi empat, ditemukan oleh warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang dan batu itu diduga bagian dari benda purbakala.

Ikhsan, Kepala Dusun Ganten melaporkan, saat ditemukan, batu tersebut dikira adalah tugu atau patok era kolonial Belanda.

Umumnya, tugu atau patok dibuat untuk menandai lokasi atau perbatasan, dan biasanya terbuat dari campuran semen, pasir, besi lonjor serta kerikil.

Namun, setelah diteliti, ternyata jenis batunya sama dengan jenis batu bata kuno yang sudah ditemukan sebelumnya.

Melihat ada kesamaan jenis batu yang ditemukan, Ikhsan mengontak Muliadi, selaku Kepala Desa Tulungrejo. Diyakini, batu panjang berbentuk mirip tugu tersebut terbuat dari batu andesit.

Dikatakan Ikhsan, batu tersebut ditemukan tergeletak dalam kondisi patah dibawahnya, dan lokasinya berada disekitar temuan batu bata kuno yang diduga bagian bangunan candi.

d

Diduga, batu itu adalah lingga mas, sempat dibawa orang, namun ditinggalkan begitu saja. Hal itu dilihat dari posisi dan letak patahan bagian atas dengan bawah, yang tidak berjauhan satu sama lain.

Melihat kondisi batu yang tidak sempurna, Ikhsan memutuskan menyambung kembali batu yang yang patah itu dengan semen. 

Saat ini, batu tersebut telah diamankan, untuk menghindari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggungjawab.

Berdasarkan pengukuran, panjang lingga mas tersebut tercatat 48 centimeter, diameter atas mencapai 14 centimeter, sedangkan lebar bagian bawah tercatat 14 centimeter.

Dibagian tengah batu, ada 4 lengkungan pada 4 sisinya, dan tiap lengkungan memanjang atas bawah terukur 17 centimeter.

Ikhsan menambahkan, ketika batu ditemukan, kondisinya sangat kotor, akibat air hujan dan tanah yang ada disekitarnya. Setelah diangkat, batu itu dibersihkan dengan air.

Kemungkinan, batu itu muncul ke permukaan tanah akibat hujan deras yang mengguyur terus menerus, akibatnya turunnya tanah yang berujung terlihatnya batu yang diduga lingga mas.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui secara pasti, apakah batu yang diduga lingga mas itu memiliki korelasi dengan temuan susunan batu bata kuno diatasnya atau tidak. (dodik)

Related News

Loading...
loading...