Cegah Sebaran PMK, Wabup Rahmat Larang Hewan Ternak Masuk ke Blitar

Sabtu, 14/05/2022 - 11:53
Wakil Bupati Blitar H. Rahmat Santoso, S.H., M.H. (foto : Faisal NR / Klikwarta.com)
Wakil Bupati Blitar H. Rahmat Santoso, S.H., M.H. (foto : Faisal NR / Klikwarta.com)

Klikwarta.com, Blitar - Merespon banyaknya sebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak di berbagai daerah di Indonesia, Wakil Bupati (Wabup) Blitar Rahmat Santoso memerintahkan dinas terkait untuk melarang adanya hewan ternak masuk ke wilayah Kabupaten Blitar. 

Ini ia lakukan demi melakukan pencegahan dini terhadap penyebaran PMK kepada hewan ternak.

Mengingat Kabupaten Blitar memiliki populasi ternak Sapi terbesar kedua di Jawa Timur, upaya pelarangan masuknya hewan ternak menurutnya langkah efektif menangkal sebaran PMK. 

Pantauannya, hingga kini belum ada laporan indikasi hewan ternak di Kabupaten Blitar yang terjangkit PMK. Adapun demikian, pihaknya terus meningkatkan kewaspadaan dini dan berinovasi melakukan upaya pencegahan penyebaran PMK.

"Dinas terkait juga sudah melakukan pemeriksaan hewan ternak Sapi ya di Pasar Hewan Wlingi. Tentunya kami tidak ingin PMK sampek menjangkiti hewan ternak di kita. Makanya saya meminta larangan hewan masuk ke Kabupaten Blitar sebagai bentuk pencegahan penyebaran PMK," ungkap wakil bupati yang akrab disapa Makdhe Rahmat ini kepada Klikwarta.com Blitar, Sabtu (14/5/2022).

Wabup Rahmat juga meminta Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar untuk gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pedagang khususnya peternak terkait PMK.

Lagi-lagi ini ia tegaskan sebagai upaya cepat dan efektif pencegahan dini dari ancaman penyebaran PMK kepada hewan ternak. 

"Harapannya tentu kami dari pemerintah daerah ingin memastikan PMK itu tidak sampai menjangkiti hewan ternak kita. Peternak dan para pedagang juga sekalian kita berikan sosialisasi maupun edukasi penuh agar hewan ternak yang ia kelola tidak terkena PMK dan pastinya aman juga," tambah Makdhe Rahmat.

 

(Pewarta : Faisal NR)

Related News