Sekjen Kemhan RI Apresiasi Produk Inovasi Pindad

Kamis, 11/08/2022 - 20:50
Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto saat menerima pemaparan produk alutsista dalam Pekan Litbang Pertahanan di Jakarta
Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto saat menerima pemaparan produk alutsista dalam Pekan Litbang Pertahanan di Jakarta

Klikwarta.com, Jakarta, - Kemhan RI, Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto didampingi Kabalitbang Kemhan RI, Marsekal Muda TNI Julexi Tambayong serta Pati TNI lainnya mengapresiasi produk inovasi PT Pindad pada kegiatan Pekan Litbang Pertahanan 2022 yang diselenggarakan di Gedung Graha Adhya Wicaksana, Dislitbangal, Jakarta pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit Santosa menyambut hangat kunjungan Sekjen Kemhan RI serta menjelaskan berbagai produk inovasi yang ditampilkan di booth PT Pindad yang tergabung dalam kluster Defend Id. 

Sekjen Kemhan RI membuka secara resmi kegiatan Pekan Litbang Pertahanan 2022 serta membacakan Amanat Menteri Pertahanan RI yang mengajak seluruh masyarakat untuk dapat mencintai, menghargai dan bangga atas hasil inovasi karya anak bangsa dengan rasa memiliki bersama. "Kegiatan Pekan Litbang Pertahanan 2022 memiliki peran penting sebagai media publikasi dan informasi ilmu pengetahuan dalam memahami serta menghasilkan solusi terbaik dalam bentuk saran masukan konstruktif dan inovatif dalam perkembangan litbanghan. Saya yakin dan percaya dengan terus bekerja keras dan mengikuti perkembangan teknologi, kita dapat memacu diri untuk dapat terus meningkatkan inovasi, kemandirian dan profesionalisme sehingga mampu bersaing dengan negara lain." jelas Sekjen Kemhan RI. 

Dalam amanatnya, Menteri Pertahanan RI juga menyampaikan pesan Presiden RI mengenai kebijakan penggunaan produk dalam negeri termasuk pada produk alpalhankam. "Pelaksanaan Pekan Litbang ini diharapkan dapat mendukung kebijakan Presiden untuk mengubah paradigma dari belanja pertahanan menjadi investasi pertahanan." jelas Sekjen Kemhan RI.

Pekan Litbang Pertahanan adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan RI berbentuk pameran yang menampilkan produk-produk alat peralatan pertahanan hasil penelitian dan pengembangan perguruan tinggi, instansi litbang dan industri dalam negeri terutama BUMN.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Pekan Litbang Pertahanan 2022 mengusung tema "Penelitian dan Pengembangan serta Inovasi Teknologi Pertahanan dalam Mewujudkan Kemandirian Alat Peralatan Pertahanan". 

Kegiatan Pekan Litbang Pertahanan 2022 diselenggarakan untuk memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke 27.

Tujuan dari kegiatan Pekan Litbang Pertahanan adalah mewadahi ide-ide cerdas dari para akademisi dan peneliti untuk dapat memberikan sumbangsih bagi perkembangan teknologi pertahanan sekaligus mewujudkan kemandirian alat peralatan pertahanan di masa mendatang. Terdapat tiga kegiatan utama Pekan Litbang Pertahanan 2022, yaitu lomba karya inovasi pertahanan yang diikuti oleh 131 peserta.

Kedua, adalah kegiatan pameran produk produk litbang hasil pertahanan yang diikuti oleh BUMN, BUMS, perguruan tinggi serta berbagai lembaga dan instansi yang berkaitan dengan litbang pertahanan. Terakhir adalah kegiatan seminar yang mengangkat 2 topik, yaitu "Strategi Kebijakan Belanja Pertahanan untuk mengoptimalisasi pertumbuhan ekonomi nasional" dan "Transformasi Pengembangan Roket Pertahanan 450 menuju Peluru Kendali Pertahanan Indonesia : Tinjauan dan Analisa Teknologi".

Pada kegiatan Pekan Litbang Pertahanan 2022, PT Pindad menampilkan berbagai produk inovasi terbaru, antara lain; Senapan SMB – Senapan Mesin Berat dengan kaliber 12,7 x 99 mm, Senapan SPR – Senapan Penembak Runduk (Sniper) dengan kaliber 20 x 110 mm, Senapan SMML (Senapan Mesin Multi Laras – Gatling Gun) dengan kaliber 7,62 mm dan Senapan Serbu kaliber 7,62 mm. Salah satu yang mendapatkan atensi public adalah Senapan SS Amphibious dengan kaliber 5,56 x 45 mm.

Keistimewaan SS Amphibious adalah kemampuan untuk menembak baik di darat maupun Kawasan perairan. Setelah melakukan serangkaian pengujian, SS Amphibious memiliki jarak tembak dalam air sebesar 15 meter pada kedalaman 0-5 meter. Sedangkan pada kedalaman 5-20 meter, SS Amphibious memiliki jarak tembak 10 meter. 

Produk PT Pindad yang mendapatkan atensi khusus oleh Sekjen Kemhan RI, Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Dirjen Pothan Kemhan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dan Pati TNI lainnya adalah Moto EV. Moto EV adalah produk kendaraan roda dua dengan mesin elektrik yang didesain dan diproduksi PT Pindad. Produk Moto EV sebelumnya telah dipamerkan dan diuji coba dalam ajang lomba balap internasional di Pertamina Mandalika International Street Circuit (19-21 November 2021).

Dengan berbagai masukan, produk Moto EV sudah ditingkatkan dan mendapatkan penyempurnaan untuk ditampilkan pada kegiatan Pekan Litbang Pertahanan 2022. 

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit Santosa menyampaikan bahwa atensi dan minat untuk Moto EV sangat besar dan Moto EV menjadi solusi tepat untuk operasi senyap. “Moto EV sangat tepat untuk operasi senyap karena tingkat kebisingannya sudah diminimalisir. Untuk kesiapan produk, kami sudah siap untuk melakukan produksi melihat potensi pasar yang besar. Produk yang kami tampilkan saat ini adalah perbaikan dari berbagai masukan terutama setelah kami tampilkan di Mandalika” Jelas Sigit. 

PT Pindad juga memamerkan produk inovasi bidang IT, yaitu Pasupati. Pasupati adalah Pindad Simulation Product of Virtual Reality, yaitu teknologi untuk simulasi kegiatan menembak menggunakan produk senjata Pindad, SS2 V5 secara digital. Menggunakan prinsip VR, pengguna akan diajak untuk berinteraksi dengan lingkungan dunia virtual menggunakan konsol, seolah-olah sedang menggunakan dan menembak menggunakan senjata asli. Dengan tingkat kemudahan yang memiliki sensasi mirip dengan bermain video game, Pasupati menawarkan penggunaan senjata yang mudah dan nyata dengan meminimalisir tingkat bahaya.

Kegiatan Pekan Litbang Pertahanan menjadi momen yang baik untuk memperkenalkan dan menampilkan berbagai produk inovasi PT Pindad ke masyarakat. Dengan mengundang masyarakat umum terkhusus kalangan pelajar, diharapkan dapat menjadi sarana edukasi, menanamkan kecintaan produk dalam negeri dan mengenal PT Pindad sebagai industri utama alat pertahanan dan keamanan Indonesia.

PT Pindad

PT Pindad sebagai anggota dari BUMN holding industri pertahanan Defend ID aktif memproduksi berbagai alutsista untuk kebutuhan TNI, Polri dan juga telah menghasilkan sejumlah produk unggulannya seperti senjata, amunisi dan kendaraan khusus. PT Pindad selain menghasilkan alutsista juga memiliki Direktorat Industrial yang menghasilkan alat berat seperti ekskavator, traktor, crane kapal laut serta pengait rel kereta api, motor traksi hingga generator.

(Kontributor : Safarudin)

Related News