Berkontribusi Bangun Desa Wisata, BCA Blitar Diapresiasi Menparekraf Sandiaga

Kamis, 30/06/2022 - 07:58
Kepala BCA Cabang Blitar Agus Setyo Budiman (sebelah kanan) Menparekraf Sandiaga Uno Saat Berikan Reward ke Pemangku Desa Wisata Desa Semen Bersama Bupati Blitar Rini Syarifah
Kepala BCA Cabang Blitar Agus Setyo Budiman (sebelah kanan) Menparekraf Sandiaga Uno Saat Berikan Reward ke Pemangku Desa Wisata Desa Semen Bersama Bupati Blitar Rini Syarifah

Klikwarta.com, Blitar - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno memberikan apresiasi kepada Bank Central Asia (BCA) Cabang Blitar yang dinilai berkontribusi besar dalam membangun program Desa Wisata di Indonesia, seperti kalau di Kabupaten Blitar ada di Desa Semen, Kecamatan Gandusari.

"Tadi saya mendapat kesempatan bertemu warga di sini (warga Desa Semen) Pak Poniran. Pak Poniran ini bersama mas Agus (Kepala Cabang BCA Blitar) merasa sangat terbantukan dengan desa wisata. Karena gundukan dari sampah-sampah yang akan dikumpulkan itu diproduksi oleh mas Agus ini yang akan membantu dari pembiayaannya," ungkap Sandiaga ketika mengunjungi Desa Wisata Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Rabu (30/6/2022).

Ya, BCA Cabang Blitar bersama Kementerian Parekraf bekerjasama membagun dan mensukseskan program Desa Wisata di Indonesia. Kepala Cabang BCA Blitar Agus Setyo Budiman menyampaikan tahun 2021 sudah menggelar BCA Desa Wisata Award, dimana Desa Semen yang mengikuti ajang ini keluar sebagai juara 3 tingkat nasional. 

"Nah karena Desa Wisata ini juara 3, di 2022 ini Kementerian Parekraf juga mengadakan hal yang sama dari 4.000 desa. Kalau BCA kan hanya 400 yang daftar, yang Kementerian Parekraf 4.000an desa, ini masuk top 50 besar nasional begitu. Nah sekarang BCA bekerjasama dengan Kementerian Parekraf untuk satu tahun kedepan membina desa ini," ungkapnya. 

Agus mengatakan, pembinaan itu nanti berbentuk pelatihan, penyediaan sarana prasarana berkaitan dengan pariwisata termasuk managemen, marketing dan sebagainya. Melihat Desa Semen yang saat ini masuk 50 besar nasional di ajang Desa Wisata Award oleh Kementerian Parekraf, Agus meminta warga desa setempat memperhatikan aspek kebersihan lingkungan, sanitasi dan perbaikan infrastruktur akses ke Desa Wisata Semen. 

"Yang dilakukan selama ini sudah baik tolong dipertahankan terutama kebersihan. Sampah di tempat lain menjadi masalah, kalau disini jadi berkah. Jadi kemarin saya ngomong sama bank sampah, sampah itu diserahkan ke bank sampah ditimbang, dicatat nanti bayarnya kalau mau kenaikan sekolah atau pas mau lebaran. Jadi pas lebaran itu warga bisa terima duit 1 juta, ada yang 600 ribu, ini hasil jualan sampah selama 1 tahun," jlentrehnya. 

"Kemudian kebersihan toilet juga harus dijaga dengan baik. Karena ini menjadi hal yang utama setelah sampah. Tolong ini dijaga dengan baik," pungkasnya.

 

(Pewarta : Faisal NR)

Related News