Buka Festival Banjari, Gus Muhaimin: Masih Perekat Keutuhan Bangsa

Minggu, 04/12/2022 - 21:32
Gus Muhaimin saat ikuti Festival Al Banjari, Sabtu (3/12/2022).
Gus Muhaimin saat ikuti Festival Al Banjari, Sabtu (3/12/2022).

Klikwarta.com, Jatim - Ribuan pecinta shalawat nabi padati gedung Graha Gus Dur, Surabaya, 3 Desember 2022. Mereka ngumpul untuk menyambut Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar dan mengikuti Gus Muhaimin Festival Al Banjari. 

Ada 30 grup yang hadir dan mengikuti giat tersebut. Dari semua peserta sudah melalui penyaringan di setiap daerah yang terbagi dalam 6 zona se Jawa Timur.

Gus Muhaimin mengatakan, festival banjari ini diakan semata-mata untuk menumbuhkan semangat terhadap seni keislaman di tanah air. Diakui atau tidak, seni lokal seperti albanjari masih menjadi perekat keutuhan bangsa dan negara. Oleh karenanya, perlu pemupukan agar tradisi lokal tetap terjaga dengan baik. 

"Ini langkah cerdas. Ini yang disebut kekuatan kultur keagamaan yang mengakar dan tumbuh yang harus dijaga dan dikelola. Karena ini merupakan sendi masyarakat beragama berbudaya bernegara dan berbangsa," kata Gus Muhaimin, Sabtu (3/12/2022).

Dengan semagat menjaga bangsa tersebut,  cicit KH Bisri Syansuri ini mengadakan festival albanjari, agar pegiat terbangan tersebut tetap merasa diakui dan diapresiasi. Sehingga berefek domino menarik generasi muda sadar akan keunikan budaya Indonesia.

"Hari ini kami mencanangka komitmen, bersama-sama menjaga tradisi budaya kita dalam melaksanakan barsanji diberbagai tempat," katanya. 

Disisi lain, Ketua DPW PKB Jatim,  Abdul Halim Iskandar sudah menyiapkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah. Hadiah tersebut ia katakan, sebagai bentuk apresiasi agar tradisi al banjari terus berkembang. 

"Kita ambil tiga juara. Juara satu 15 juta, juara dua 12,5 juta dan juara tiga 10 juta. Semuanya plus trofi, rebana dan sertifikat," tuturnya.

Tidak hanya itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI katakan, pihaknya juga akan mengambil juara harapan dengan hadiah uang pembinaan 7,5 juta untuk harapan pertama. Harapan kedua 5 juta  dan harapan ketiga 2,5 juta. 

"Semuanya juga plus trofi dan sertifikat. Kami juga mengambil fokal terbaik dengan hadiah uang pembinaan 5 juta rupiah," ujarnya.

(Pewarta: Supra)

Related News