Ciptakan Destinasi Wisata baru di Lereng Gunung Kelud, Heri Setiawan tanam 1000 Bibit Buah

Jumat, 10/12/2021 - 11:23
Manfaatkan lahan perhutani untuk masyarakat desa, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Heri Setiawan bersama masyarakat Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri melakukan aksi penanaman 1.000 bibit buah
Manfaatkan lahan perhutani untuk masyarakat desa, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Heri Setiawan bersama masyarakat Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri melakukan aksi penanaman 1.000 bibit buah

Klikwarta.com, Jawa Timur - Manfaatkan lahan perhutani untuk masyarakat desa, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Heri Setiawan bersama masyarakat Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri melakukan aksi penanaman 1.000 bibit buah. Hal itu dilakukan guna untuk penyangga sungai yang nantinya menjadi destinasi wisata alam Sempu Exotic Park. 

"Ada sekitar 1.000 bibit buah yang kita tanam. Selain untuk penyangga sungai aliran lahar Gunung Kelud, kita buat destinasi wisata alam Sempu Exotic Park. Harapanya, tanaman buah tersebut bisa dijadikan zona destinasi wisata petik buah nantinya", ujarnya, Kamis (09/12/21). 

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan bibit buah tersebut antara lain durian, alpukat, manggis yang ditanam di kawasan penyangga sungai (KPS) di area perhutani bersama Pemerintah Desa Sempu, PMDH (Pembinaan Masyarakat Desa Hutan), serta Muspika setempat. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 4 jam, mulai pukul 6 pagi. 

"Total ada 18 hektar luasan lahannya.  Disitu ada 44 Petani Penggarap (Pesanggem) dikawasan penyanggah sungai. Saya berharap nantinya memberikan manfaat bagi masyarakat desa dan hasilnya bisa dirasakan langsung oleh petani penggarap diwilayah KPS tersebut", terangnya.

Dijelaskan oleh anggota DPRD Jatim yang berangkat dari Daerah Pemilihan Kediri ini, apa yang yang dilakukan ini juga sejalan dengan yang diintruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Seokarno Putri, agar kadernya bisa benar-benar melaksanakan dan mewujudkan politik hijau yang mencintai serta melestarikan lingkungan.  

"Bu Mega mengatakan, dalam konteks lingkungan, kesejahteraan rakyat itu termasuk bagaimana lingkungan yang sehat dan lestari benar-benar terjadi.  Pilihlah sungai di setiap daerahmu, hijaukan sungai itu dari hulu ke hilir. Dengan penghijauan maka mata air akan dapat dijaga dan diselamatkan", jelasnya.

Pria asli Kediri ini mengatakan bahwa penanaman bibit buah ini bagian dari upaya pemberdayaan ekonomi para petani sebagaimana intruksi Ketua Umum. Sekaligus rencana pembangunan destinasi wisata baru di lereng Gunung Kelud tersebut.

Heri pun menegaskan, jika tidak ada kendala, destinasi wisata alam Sempu Exotic Park akan dibuka untuk umum pada awal 2022.

Related News