Danjen Kopassus Shooting Championship 2024

Minggu, 26/05/2024 - 14:15
Danjen Kopassus Mayjen TNI Djon Afriandi saat membuka lomba menembak di grup 2 Kopassus Kartasura
Danjen Kopassus Mayjen TNI Djon Afriandi saat membuka lomba menembak di grup 2 Kopassus Kartasura

Klikwarta.com, Kartasura - Perlombaan menembak tingkat nasional digelar di Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Sabtu-Minggu (25-26/5/2024). Lomba menembak dengan tajuk “Danjen Kopassus Shooting Championship” tersebut diikuti 1.150 peserta.

Komandan Jenderal Kopassus (Danjen), Mayjen TNI Djon Afriandi mengatakan antusias peserta lomba menembak rutin tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hingga hari pertama pelaksanaan Sabtu (25/5/2025), tercatat sebanyak 1.150 peserta telah mendaftar.

Ia berharap bakal muncul bibit-bibit atlet tembak terbaik melalui event tersebut. Menurutnya, jumlah peserta kali ini 60 persen diantaranya merupakan penembak baru.

“Ini yang kami harapkan sehingga regenerasi berikutnya penembak-penembak Indonesia agar lebih baik,” imbuhnya.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Perbakin Jawa Tengah (Jateng), Sinyo Haryanto, Lomba menembak Danjen Kopassus Shooting Championship 2024 diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian peringatan HUT ke-72 Kopassus.

“Lomba menembak ini dilakukan secara rutin setiap satu tahun sekali yang telah terjadwal di agenda Perbakin untuk even tahunan. Antusiasnya semakin baik, sehingga kami juga bisa memilih, bibit-bibit atlet untuk ajang lomba menembak tingkat Nasional maupun Internasional,” tuturnya.

Sementara itu, dua Putra Presiden RI ke 2, Bambang Tri Hatmodjo dan Titiek Soeharto tampak menghadiri kegiatan tersebut. 

Titiek berharap melalui lomba menembak Danjen Kopassus Shooting Championship 2024 dapat meningkatkan minat pada olahraga menembak.

“Terutama untuk atlet perempuan ya. Karena masih belum banyak. Maka harapannya dapat menarik minat. Pemerintah juga bisa membantu, mungkin dengan mencarikan sponsor untuk pelaksanaan lomba dan latihan,” ungkapnya.

Diketahui perlombaan tahun ini menggelar enam kelas materi pertandingan, yakni Tembak Reaksi IPSC Level II, Tembak Reaksi IPSC Level I, Pistol, Senapan Api, Senapan / Pistol Angin, dan Metal Silhouette Angin.

Masing masing kelas masih dibagi menjadi sejumlah divisi seperti open, revolver, standard, classic dan lainnya, total ada sekitar 38 divisi perlombaan. (*)

(Kontributor : Arif)

Related News