Kedekatan Satgas Yonif 310/KK, Masak Dan Santap Papeda Bersama

Jumat, 10/05/2024 - 09:41
Santap Papeda Bersama Masyarakat
Santap Papeda Bersama Masyarakat

Klikwarta.com, Keerom - Menjalin keakraban dan pererat silaturahmi dengan masyarakat di perbatasan, Pos Unggalom Satgas Yonif 310/KK bersama warga olah sagu dan santap papeda di Kampung Unggalom, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (9/5/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, kegiatan semacam ini merupakan salah satu bentuk Pembinaan Teritorial (Binter) yang terus dilaksanakan oleh Satgas Yonif 310/KK dalam rangka mendekatkan diri kepada masyarakat guna mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

"Yang menarik, warga mengajarkan personil Satgas cara membuat papeda. Ini membuktikan kedekatan personil Satgas dengan warga diperbatasan. Dengan seperti ini terjalin keakraban dan hubungan emosional yang baik," terang Dansatgas.

.

Peribahasa mengatakan, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal bahwa dimanapun dirinya bertugas maka harus dapat membaur dengan masyarakat dan menghormati adat istiadat yang berlaku. Salah satunya yang dilakukan personil Satgas Yonif 310/KK dengan melestarikan budaya dan ciri khas bumi Cendrawasih yaitu Papeda.

Sementara itu, Danpos (Unggalom) Serma Agus Sopian menambahkan bahwa momen ini bermula saat warga datang ke Pos untuk menjual hasil kebunnya. Selain membeli hasil kebun tersebut, Danpos secara spontan mengajak untuk bersama-sama mengolah sagu yang dibawa warga.

"Mereka (warga) membawa sayur-sayuran bahkan sagu untuk dijual. Kami ajak untuk singgah dan memasak Papeda. Kami berharap dengan hal ini dapat menciptakan suasana keakraban yang lebih erat layaknya sebuah ikatan keluarga sehingga keberadaan kami merupakan bagian keluarga mereka," tambah Danpos.

Disisi lain, Gabriel (25) salah satu warga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK karena sudah membeli hasil kebun yang dia bawa serta mengajak untuk mengolah sagu dan makan papeda bersama.

"Abang-abang Tentara sangat baik selalu membeli sayuran yang saya bawa, saya juga tidak menyangka jika abang-abang pintar memasak," ungkap Gabriel.

(Kontributor : Arif)

Related News