Taman Bermain Hasil Karya Prajurit 310 Untuk Anak-Anak Di Pedalaman Papua

Kamis, 13/06/2024 - 12:28
Taman bermain satgas Yonif 310/KK di perbatasan
Taman bermain satgas Yonif 310/KK di perbatasan

Klikwarta.com, Pegunungan Bintang - Terus berupaya melakukan terobosan inovatif serta konsisten dalam memberikan manfaat bagi masyarakat di perbatasan RI-PNG, Pos Kotis Oksibil Satgas Yonif 310/KK bangun wahana permainan untuk anak-anak PAUD GKI (Gereja Kristen Indonesia) Maranatha yang dirancang dan dirakit serta dibangun langsung oleh para prajurit 310 di Kampung Kabiding, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (13/6/2024).

Demikian dikatakan Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dansatgas mengatakan bahwa pembangunan taman bermain untuk anak-anak ini merupakan salah satu program Binter (pembinaan teritorial) unggulan yang dilakukan oleh pihaknya selama bertugas sebagai satuan pengamanan perbatasan.

"Menjaga tumbuh kembang anak, untuk membentuk pribadi yang cerdas, sehat dan kuat adalah kewajiban bersama," terang Dansatgas.

.

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, bermain bagi anak merupakan suatu aktivitas yang sangat menyenangkan, menimbulkan kegembiraan serta sebagai tempat untuk mengekspresikan apa yang anak-anak rasakan, permainan adalah bagian yang mutlak dari kehidupan anak dan merupakan bagian integral dari proses pembentukan kepribadian anak.

Diungkapkan, PAUD Maranatha memiliki 25 murid dan 2 orang guru serta kepala sekolah, sekolah ini beroperasi setiap hari Senin, Rabu dan Jumat dalam setiap minggunya. PAUD Maranatha merupakan satu-satunya sekolah pendidikan anak usia dini yang berada di wilayah tersebut.

Menariknya, pembangunan wahana permainan ini seluruhnya dikerjakan langsung oleh tangan prajurit Satgas Yonif 310/KK, mulai dari merancang, merakit hinga membangun taman bermain sehingga bisa digunakan sebagai wahana permainan bagi anak-anak PAUD disana.

Dalam pelaksanaannya, pembangunan taman bermain ini dipimpin langsung oleh Pasi Intel Satgas Lettu Inf M. Ramdani. Para personil Satgas membutuhkan waktu kurang lebih 4 (empat hari) untuk menyelesaikan pembangunan taman bermain ini. Taman bermain yang didirikan memiliki beberapa wahana permainan seperti, ayunan, kursi goyang, jungkat-jungkit, besi panjat dan perosotan.

"Kami sengaja membuat arena taman bermain seperti ayunan dan lain-lain untuk anak-anak, berharap mereka bisa merasakan permainan layaknya anak-anak di daerah lainnya,” tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Novi (34) salah satu guru di PAUD Maranatha mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK atas  perhatiannya dengan membuatkan taman bermain untuk murid-murid di sekolahnya.

"Pembuatan taman bermain ini sangat luar biasa manfaatnya kami rasakan, khususnya bagi anak-anak disini. Mereka terlihat gembira mencoba wahana permainan yang ada. Terima kasih Bapak-bapak TNI," tutur Novi.

(Kontributor : Arif)

Related News