Menkominfo: Perayaan Natal Nasional 2023 Simbol Persatuan Umat Beragama

Kamis, 28/12/2023 - 13:45
Menkominfo Budi Arie Setiadi
Menkominfo Budi Arie Setiadi

Klikwarta.com, Surabaya - Perayaan Natal Tahun 2023 menjadi momentum perhelatan bagi umat Nasrani dan menjadi simbol persatuan umat beragama di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan tahun ini menjadi Perayaan Natal Nasional dengan jumlah jemaah yang paling besar.

"Setidaknya dalam 5 tahun terakhir. Sebagaimana para Orang Majus dari jauh yang bersemangat menemui Bayi Yesus di dalam Palungan, kehadiran sekitar 16.000 ribu jemaah pada malam ini juga membawa sukacita dan kebersamaan yang luar biasa untuk merayakan kelahiran-nya," ungkapnya dalam acara Puncak Perayaan Natal Nasional 2023 di Gereja Bethany Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/12/2023).

Sebagai Ketua Umum Panitia Perayaan Natal Nasional Tahun 2023, Menkominfo menyatakan tema “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi" yang diangkat merupakan suatu kabar baik dan menjadi sebuah sukacita besar.

"Dimana kita dapat berkumpul untuk merayakan Natal Tahun 2023. Tema dikutip Dari Injil Lukas Pasal 2 ayat 14. Ayat ini merupakan suatu kabar baik yang dibawa oleh malaikat kepada para gembala yang sedang berjaga pada malam hari, bahwa Sang Raja Damai telah tiba di dunia," jelasnya.

Menteri Budi Arie mengharapkan seluruh umat Kristiani merawat keberagaman, sembari terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sebagai perwujudan dari panggilan Tuhan.

"Sebagaimana Yesus Kristus Sang Pembawa Damai Lahir ke dunia, umat kristiani juga diingatkan untuk senantiasa menyebarkan kasih dan mewartakan kedamaian," ungkapnya. 

Menkominfo menjelaskan perayaan Natal tahun ini selain dengan ibadah, juga diisi dengan penampilan pujian dan kegiatan sosial.

"Tidak hanya diisi oleh berbagai penampilan pujian yang dinaikkan untuk merayakan kehadiran Tuhan, tetapi ada kegiatan sosial sebagai perwujudan kasih kepada sesama untuk memuliakan Allah Sang Sumber Segala Kehidupan," tuturnya.

Menteri Budi Arie mengapresiasi keterlibatan semua pihak termasuk dukungan aktif umat lintas agama dalam menyukseskan rangkaian kegiatan Perayaan Natal Nasional Tahun 2023.

"Ini tak akan terjadi tanpa pertolongan Tuhan yang turun melalui kontribusi dari berbagai pihak, maupun dukungan yang diterima dari peranan aktif umat lintas agama, seperti saudara-saudara Banser yang turut membantu pengamanan kegiatan hari ini," tuturnya.

Menkominfo Budi Arie Setiadi juga mengucapkan Selamat Natal Tahun 2023 dan Selamat menyambut Tahun Baru 2024 kepada semua umat kristiani di nusantara. 

"Kiranya damai, kasih, dan sukacita natal senantiasa menyertai kita semua," ungkapnya. 

Acara itu dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang didampingi  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ATR-BPN Hadi Tjahjanto, Menteri PAN-RB Azwar Anas, Menteri Parekraf Sandiaga Uno, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah.

Selain itu juga tampak hadir Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPT Tycko Amelza Dahniel, Wamenag Zainut Tauhid, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dan Wamenkominfo Nezar Patria.

Hadir pula Duta Besar Takhta Suci Vatikan Pierro Pioppo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Tampak pula Ketua Umum PGI, Ketua Presidium KWI, Gembala Sidang Bethany Nginden Surabaya, dan Tokoh Lintas Agama.

(Kontributor : Arif)

Related News