Kurangi Resiko Longsor, Anggota Kodim Tulungagung Bersama Warga Lakukan Penghijauan

Kamis, 08/12/2022 - 20:48
Penanaman pohon buah cegah longsor di wilayah desa Gondang gunung
Penanaman pohon buah cegah longsor di wilayah desa Gondang gunung

Klikwarta.com, Tulungagung - Puluhan anggota TNI Kodim 0807 Tulungagung bersama warga dan anggota PT. Surya Tirta melaksanakan kegiatan penghijauan menanam bibit tanaman buah di wilayah Desa Gondanggunung Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Kamis (08/12/2022).

Air adalah suatu unsur yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan air, kita bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan sesuai keinginan kita dan mengkonsumsinya agar tetap hidup. Untuk itu perlu adanya pelestarian air agar tidak menjadi bencana dan mencemari kesehatan makhluk hidup.

Kecamatan Besuki merupakan salah satu wilayah yang berdasarkan data BPBD Tulungagung terdapat kekurangan air bersih. Data menyebutkan bahwa ada lima Kecamatan yang kekurangan air bersih yaitu Rejotangan, Kalidawir, Pucanglaban, Besuki dan Tanggunggunung.

.

Puluhan anggota TNI dengan pimpinan Danramil Tipe B 0807/15 Pagerwojo Kapten Inf Khoirurohim bersama PT. Surya Tirta dan masyarakat menanam 2000 bibit tanaman durian, manggis dan alpukat. Menurut Danramil Pagerwojo kegiatan penghijauan ini selain bersifat ekonomis, nantinya bisa menahan terjadinya longsor juga dapat menyelamatkan mata air sekaligus mencegah terjadinya erosi di wilayah Desa Gondanggunung.

"Selain tujuan ekonomis untuk warga, pemilihan tanaman durian, manggis dan alpukat diharapkan kelak dapat menahan terjadinya longsor dan erosi, mengingat wilayah Gondanggunung sering terjadi tanah longsor." ungkap Danramil Pagerwojo.

(Kontributor : Arif)

Related News