Jelang Pemilu 2024, BPJamsostek Blitar Siap Lindungi Penyelenggara Pemilu Dalam Bertugas

Rabu, 15/11/2023 - 10:57
KPU Kabupaten Blitar - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blitar Sepakat Kerjasama Lindungi Petugas Pemilu
KPU Kabupaten Blitar - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blitar Sepakat Kerjasama Lindungi Petugas Pemilu

Klikwarta.com, Kabupaten Blitar - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Blitar siap melindungi penyelenggara pemilihan umum (pemilu) ketika melaksanakan tugas.

Lebih lanjut, BPJamsostek Blitar akan memberikan jaminan perlindungan ketenagakerjaan kepada petugas penyelenggara pemilihan di bawah naungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar apabila terjadi kecelakaan kerja. 

Kesiapan ini terlahir setelah pimpinan BPJamsostek Cabang Blitar menandatangani perjanjian kerjasama dengan pimpinan KPU Kabupaten Blitar, kemarin Senin (14/11/2023) di salah satu rumah makan di Kota Blitar.

"Ya sebagai upaya melindungi penyelenggara pemilu di Kabupaten Blitar, petugas pemilu wajib mendapatkan perlindungan jaminan atas risiko saat melaksanakan tugas sebagai penyelenggara pemilu," kata Kepala BPJamsostek Cabang Blitar Hendra Elvian.

Dikatakannya, BPJS Ketenagakerjaan saat ini sebagaimana amanah undang-undang tengah menjalankan 5 program. Kelima program ini diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK),Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kesehatan (JK) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Dengan demikian, ia sangat mengapresiasi langkah KPU Kabupaten Blitar yang mendaftarkan tenaga penyelenggara pemilu sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sebab, KPU Kabupaten Blitar juga telah beberapa kali melakukan pertemuan dengan BPJS Ketenagakerjaan Blitar.

"Karena berdasarkan pengalaman pemilu di periode sebelumnya banyak petugas pemilu mengalami risiko kerja yang cukup tinggi hingga terjadi meninggal dunia, namun jika sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dipastikan petugas pemilu akan mendapat perlindungan atas risiko kecelakaan ataupun kematian sehingga mereka dapat bekerja dengan aman," jelasnya. 

Hendra menyebutkan, secara bertahap semua petugas pelaksana penyelenggara pemilu akan diikutsertakan dan diberikan perlindungan manfaat Jaminan Kecelakaan dan Jaminan Kematian.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santosa menyampaikan, seluruh petugas pemilu di Kabupaten Blitar sebanyak 32.683 segera didaftarkan bertahap pada bulan November ada 859 orang dan tahun 2024 di bulan februari sekitar 31.824 orang. Melihat pemilu 2019 banyak memakan korban atau banyak yang mengalami kecelakaan kerja bahkan mengalami kematian, kerjasama dengan BPJamsostek Blitar tersebut sangat penting untuk melindungi petugas atau penyelenggara pemilu 2024.

"Kerjasama ini diharapkan bisa memberikan jaminan kepada petugas penyelenggara pemilu 2024," tukasnya.

 

(Pewarta : Faisal NR)

Related News