Kekompakan Masyarakat Serta Perangkat Tuha Peut Bangun Sarana Prasarana di Desa

Rabu, 24/04/2024 - 22:21
Kekompakan Masyarakat Serta Perangkat Tuha Peut Bangun Sarana Prasarana di Desa
Kekompakan Masyarakat Serta Perangkat Tuha Peut Bangun Sarana Prasarana di Desa

Klikwarta.com, Aceh Timur - Masyarakat khususnya Gampong Samadua Kecamatan Pedawa kabupaten Aceh Timur sangat bersyukur dengan adanya pembangunan di desa.

Keberadaan sistem saluran yang handal merupakan sebuah syarat mutlak bagi terselenggaranya sistem nasional yang kuat dan penting bagi sebuah desa.

Sistem saluran air merupakan upaya yang dilakukan oleh manusia untuk memperoleh air dengan menggunakan bangunan dan saluran buatan untuk mengairi.

Upaya ini meliputi prasarana irigasi, air irigasi, manajemen irigasi, kelembagaan pengelolaan irigasi dan sumber daya manusia. Terkait prasarana irigasi, dibutuhkan suatu perencanaan yang baik, agar sistem irigasi yang dibangun merupakan irigasi yang efektif, efisien dan berkelanjutan, sesuai fungsinya mendukung produktivitas masyarakat khususnya Desa Gampong Samadua.

Guna mendukung sekaligus berbagai perencanaan dan persiapan dilakukan, salah satunya dengan membersihkan saluran air Desa Samadua Kecamatan Pedawa Kabupaten Aceh Timur, Selasa (24/4/2024).

Terlihat antusias para pemakai serta warga masyarakat bahu membahu membangun saluran air dengan anggaran dana desa.

“Semoga gotong-royong kali ini mampu meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dan untuk memelihara kelestarian dan fungsi jaringan Saluran Air”, tutur Kecik Samadua.

Lebih lanjut berharap dengan kegiatan tersebut saluran air bisa berjalan lancar sesuai dengan kebutuhan para masyarakat yang cenderung membuat saluran air.

Kecik Samadua menambahkan, pelaksanaan gotong-royong yang dimulai pembuatan saluran juga dilaksanakan bersamaan dengan air mengalir untuk mempermudah pengerjaan saat pembersihan dilakukan. (ZA)

Tags

Related News