Pergantian Pengurus, SMSI Bengkulu Gelar Silaturahmi Perdana

Jumat, 14/08/2020 - 10:28
Anggota SMSI Provinsi Bengkulu saat foto bersama
Anggota SMSI Provinsi Bengkulu saat foto bersama

Klikwarta.com, Bengkulu - Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu menggelar silaturahmi dan rapat pleno diperluas yang dilaksanakan di Resto Dapur Senandung Kota Bengkulu, Kamis (13/8/2020). Dalam silaturahmi tersebut, hadir sebanyak 35 perwakilan pimpinan media siber dan pengurus SMSI kabupaten.

Ketua SMSI Provinsi Bengkulu Wibowo Susilo mengatakan, silaturahmi tersebut merupakan silaturahmi perdana setelah terjadi pergantian pengurus di SMSI Provinsi Bengkulu, sejak SK kepengurusan baru yang diterbitkan Pengurus Pusat SMSI pada 11 Februari 2020 lalu.

"Ini merupakan silaturahmi perdana sejak pergantian pengurus, dimana sebelumnya jabatan ketua ini dari Pak Rahimandani diamanahkan ke saya karena beliau menjadi pengurus pusat JMSI, kami ucapkan terimakasih kepada beliau yang sudah membangun SMSI sejak pertama berdiri di Bengkulu dan semoga beliau sukses berkiprah di kancah nasional. Selain jabatan ketua, jabatan sekretaris juga diganti oleh Syafrin Dani, juga jabatan bendahara diganti oleh Ade Kurnia. Jabatan penasihat juga diisi oleh beberapa tokoh," kata Wibowo.

a

Wibowo menambahkan, untuk pengurus SMSI kabupaten, karena sifatnya penunjukkan, beberapa diantaranya dibekukan dan diganti. 

Pengurus SMSI Kabupaten sejak dilantik diberi waktu 3 bulan untuk melaksanakan roda organisasi di kabupaten, jika dalam waktu tersebut tidak aktif maka dibekukan dan atau direvisi.

"Rapat pleno ini tertunda karena setelah pergantian pengurus kita mengalami masa pandemi Covid-19, sehingga sejumlah program dan rencana kerja juga ikut tertunda. Setelah new normal ini kita mulai kembali menyusun program kerja," jelas Wibowo.

Adapun disampaikan dalam silaturahmi dan rapat pleno diperluas tersebut, SMSI Bengkulu sedang menyiapkan program News Room bernama Siberindo.co. Untuk Bengkulu, disiapkan sub domain Bengkulu.siberindo.co. Rencananya, Bengkulu.siberindo.co akan dilaunching dalam waktu dekat ini.

"Siberindo.co ini merupakan news room media-media  yang tergabung di SMSI seluruh Indonesia. Sampai saat ini, dari data SMSI pusat sudah ada 1.040 media siber yang tergabung di SMSI dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia yang sebagain sudah menjadi member Siberindo.co. Nantinya setiap media yang tergabung di SMSI yang mau menjadi member Siberindo.co akan diwajibkan mengupdate berita minimal 3 berita setiap hari disitus berita Siberindo.co. Jika ini  efektif, maka news room Siberindo.co akan menjadi media siber dengan jumlah konten berita terbesar yang diupdate setiap harinya, bukan hanya di Indonesia, namun di dunia. Bisa dibayangkan kalau ada 500 media saja yang menjadi member Siberindo.co jika dikali 3 berita tiap hari, maka Siberindo.co akan update berita 1500 berita tiap hari," beber Wibowo menyampaikan profil Siberindo.co.

b

Selain itu, Siberindo.co juga memberikan kepemilikan saham atau bagi keuntungan kepada setiap media siber yang menjadi membernya.

Wibowo juga menyampaikan, SMSI Bengkulu tengah menyiapkan agenda Rapat Koordinasi yang direncanakan dihadiri Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun dan Ketua Umum SMSI Pusat. Dalam Rakor tersebut, akan dibahas soal peran media siber di pilkada serentak 2020, juga membahas masa depan media siber, khususnya di Bengkulu. 

"Rakor sedang dipersiapkan oleh tim kecil, jika tidak ada halangan akan dilaksanakan 23 Agustus 2020 ini nanti, Rakor juga akan membahas Bengkulu untuk persiapan menjadi tuan rumah Rakernas SMSI 2021 nanti," jelas dia.

Sementara itu, terkait keanggotaan media yang bergabung di SMSI Bengkulu, Wibowo menyampaikan ada 52 media siber atau online yang sudah bergabung. Media-media yang tergabung di SMSI tersebut berkantor di Kabupaten Bengkulu Utara, Kepahiang, Mukomuko dan Kota Bengkulu dengan tiga klasifikasi yakni media terferivikasi faktual, media terferivikasi administrasi dan media berbadan hukum pers saja, namun belum terdata Dewan Pers. 

"Setelah dilakukan verifikasi, ada 52 media yang tergabung, dari jumlah sebelumnya 60-an. Ada yang keluar dan ada yang masih istikhomah. Sejak awal berdiri, sejumlah program kerja sudah sukses dilaksanakan, diantara memfasilitasi media-media untuk verifikasi faktual Dewan Pers, membangun sinergi dengan PWI untuk UKW dan program lainnya. Kedepan, karena SMSI ini sudah menjadi konstituen Dewan Pers, maka program-program SMSI juga akan mengarah mendukung kebijakan Dewan Pers," jelas Wibowo. (*)

Related News

Loading...
loading...