Tim Pansus DPRK Aceh Singkil Soroti Perusahaan Perkebunan 

Jumat, 22/05/2020 - 05:43
Anggota DPRK Aceh Singkil saat mengikuti rapat paripurna di gedung dewan setempat.
Anggota DPRK Aceh Singkil saat mengikuti rapat paripurna di gedung dewan setempat.

Klikwarta.com, Aceh Singkil - Dalam laporan Tim Panitia Khusus (Pansus) II DPRK Aceh Singkil menyoroti pajak galian C perusahaan perkebunan.

"Saat melakukan pengawasannya Tim Pansus II menemukan selama berdirinya perusahaan perkebunan belum pernah membayar pajak galian C", ucap Surianto saat menyampaikan laporan Tim Pansus II DPRK di hadapan anggota dewan dan Bupati saat rapat paripurna, Rabu (20/05/2020).

Menurut Tim Pansus,  perusahaan telah melakukan pengalian di areal HGU perkebunan banyak  belum melengkapi persyaratan menyangkut izin operasionalnya.

Selain itu, Tim Pansus juga menemukan beberapa permasalahan lainnya seperti tenaga kerja, limbah B3 dan pajak galian C. Hal ini tentunya tidak sejalan dengan upaya Pemda Aceh Singkil dalam menggenjot Pandapatan Asli Daerah (PAD).

Terlebih Pemda berencana membentuk Tim Pemburu PAD. Dewan berharap tim ini bekerja nyata, sehingga tidak kecolongan dalam memenuhi target PAD yang telah ditetapkan.

Dengan begitu, diminta, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid dapat memerintahkan Dinas PUPR dan Badan Pengelola Keuangan untuk membuat pendataan perkebunan tersebut.

Disamping itu, dinilai kurang perhatiannya perusahaan perkebunan terhadap masyarakat sekitar terutama dalam penyaluran dana CSR.

“Kita berhadap adanya perencanaan matang dalam penggunaan dana CSR pada daerah sekitar,” ujarnya.

(Pewarta : Ersi)

Related News

Loading...

pers

loading...