Musrenbangcam 2024, Bupati BS Harapkan Kesepakatan Program Prioritas Pembangunan

Kamis, 15/02/2024 - 19:07
Foto Bersama usai acara
Foto Bersama usai acara

Klikwarta.com, Bengkulu Selatan - Pemerintah Bengkulu Selatan melalui Bappeda Litbang gelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2024, yang perdana diselenggarakan di Kecamatan Bunga Mas Kabupaten Bengkulu Selatan, Senin (15/01/23).

Kegiatan Musrembangcam tersebut mengusung tema “Pemantapan Kesejahtraan Masyarakat di Dorong Kemandirian Otonomi dan SDM Berdaya Saing” yang dibuka secara langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE.,MM serta dihadiri juga Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan Sukarni, seluruh Kepala Dinas di jajaran Kabupaten Bengkulu Selatan, Kepala Desa, Ketua BPD, Unsur Forkopimda, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan juga Perwakilan dari siswa-siswi Forum Anak Rafflesia di Kecamatan Bunga Mas.

Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) adalah salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas/bottom-up planning. Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tahapan musrenbang yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan musrenbang pada tingkat desa dan/atau kelurahan.

Dalam sambutannya Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE.,MM menyampaikan musrembangcam di Kecamatan Bungga mas merupakan hari pertama di Tahun 2024 yang nanti akan menjadi salah satunya bahan perencanaan untuk anggaran pembelanjaan daerah di Tahun 2025.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan bahwa Musrenbangcam ini merupakan wadah dalam menyeleksi aspirasi-aspirasi masyarakat untuk pembangunan di daerah khususnya di Kecamatan Bunga Mas, sehingga dalam kegiatan ini telah dapat memilih RKPD yang akan lebih di prioritaskan nantinya untuk dibahas pada Musrenbang di Tingkat Kabupaten.

Tidak hanya itu ia menegaskan poin penting yang harus menjadi perhatian bersama dimana Musrenbang menjadi legalitas usulan prioritas masyarakat yang akan dituangkan dalam Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah maupun Kabupaten.

Ia berharap dengan adanya kegiatan Musrenbangcam mulai dari tingkat Desa dan Lurah ke tingkat Kecamatan telah disepakati bersama program prioritasnya.

Sementara itu Kepala Bappeda litbang Fikri Aljauhari menambahkan Musrenbang ini merupakan agenda tahunan dimana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan.

“Melalui pelaksanaan musrenbang hari ini, saya harap menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders kecamatan untuk menetapkan program dan kegiatan kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya,” pungkasnya.(MCKominfoBS)

Related News