Desa Pucanglaban Gelar Kegiatan Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan

Rabu, 13/10/2021 - 16:18
Desa Pucanglaban Gelar Kegiatan Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan
Desa Pucanglaban Gelar Kegiatan Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan

Klikwarta.com, Tulungagung - Desa Pucanglaban gelar kegiatan  pembinaan penguatan dan peningkatan kapasitas tenaga keamanan / ketertiban (Linmas) tahun 2021. Bertempat di Aula Balai Desa Pucanglaban, yang dihadiri oleh Sekcam, Kasi Trantib, Kepala Desa beserta Perangkat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Lokal Desa serta 45 anggota Linmas, Rabu (13/10/2021).

Kepala Desa Pucanglaban, Maduki dalam sambutannya mengharapkan semua anggota Linmas untuk mengikuti pembekalan dan mempersiapkan diri dalam menyongsong kedepan Desa Pucanglaban yang semakin ramai.

"Saya mengharap semua anggota Linmas mengikuti pembekalan ini dengan baik. Mengingat dengan adanya Jalur Lintas Selatan (JLS) saya yakin ke depan akan lebih ramai pengunjung ke lokasi wisata kita baik dari dalam maupun luar daerah" ungkap Kades.

"Maka dari itu, persiapan dini harus kita lakukan, karena tidak menutup kemungkinan gangguan keamanan juga ketertiban akan meningkat di wilayah kita" tutup Maduki.

Masih dilokasi yang sama, Wiji Nugroho, S.P. Sekcam Pucanglaban berharap agar kegiatan seperti ini dilakukan secara rutin.

"Saya harap kegiatan seperti ini dilaksanakan secara rutin. Mengingat pentingnya fungsi Linmas di Desa ini. Dan juga mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini bisa memberikan manfaat untuk semuanya", harap Sekcam.

Sementara itu, Hendri Kriswantoro, S.Pd. Selaku Kasi Trantib memberikan pemaparan tentang tugas dan fungsi Linmas.

"Linmas merupakan Satuan Perlindungan Masyarakat atau sering kita sebut dengan Satlinmas atau yang lebih kita kenal dengan nama Linmas/Hansip merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana dan lain-lain", papar Hendri.

"Pengertian Satlinmas secara lengkap seperti apa yang tertuang dalam pasal 1 ayat 3 Permendagri 84/2014 adalah Organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman, ketertiban masyarakat, dan kegiatan sosial kemasyarakatan" tutupnya.

(Pewarta : Didik)

Related News

loading...