Aslog Pangkolinlamil Ikuti Pembahasan Pra Renaku, Bangmat dan Bangfas Bidang Logistik TNI AL 2023

Sabtu, 26/03/2022 - 10:47
Aslog Pangkolinlamil Ikuti Pembahasan Pra Renaku, Bangmat dan Bangfas Bidang Logistik TNI AL 2023
Aslog Pangkolinlamil Ikuti Pembahasan Pra Renaku, Bangmat dan Bangfas Bidang Logistik TNI AL 2023

Klikwarta.com, Jakarta - Mewakili Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma, Asisten Logistik Pangkolinlamil Kolonel Laut (T) Siswanto mengikuti kegiatan pra perencanaan anggaran dan keuangan (Pra Renaku) terkait pengembangan fasilitas dan pengembangan material kewasgiataan Staf Logistik Angkatan Laut tahun 2023 melalui video conference, di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (25/3). Kegiatan tersebut dipimpin oleh Paban I Perencanaan Staf Logistik Angkatan Laut Kolonel Laut (T) Armand Renaldy Richard dari Gedung Neptunus Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Pada dasarnya pra renaku, pengembangan fasilitas dan material dari Staf Logistik Angkatan Laut ini merupakan tahapan dari beberapa kegiatan dalam proses penyusunan rencana kerja dan anggaran TNI Angkatan Laut tahun 2023. Proses penganggaran ini tetap mengacu pada Undang-undang RI Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU Nomor 01 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Permenkeu Nomor 208/PMK.02/2019 tentang Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKA/KL dan Pengesahan Daftar Isian pelaksanaan anggaran. 

Paban I Perencanaan Slogal menyampaikan bahwa perencanaan yang disusun harus mengacu pada prioritas pencapaian sasaran pembinaan dan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut tahun anggaran 2023 yang telah mempertimbangkan perkembangan lingkungan strategis global, regional dan kondisi saat ini serta berpedoman pada arah dan kebijakan pembangunan Pemerintah dan alokasi anggaran.

.

Beberapa penekanan yang disampaikan dalam kegiatan tersebut diantaranya antisipasi adanya kegiatan yang melebihi waktu tahun anggaran berjalan atau lintas tahun, laksanakan koordinasi secara komprehensif dengan pihak-pihak terkait, agar dalam pelaksanaan kegiatan tidak terjadi kesalahan/kekeliruan yang dapat merugikan bagi satuan pelaksana, antisipasi bila terjadi refocussing anggaran supaya satker menyiapkan rencana kegiatan yang akan terkena dampak dan para Kasatker tetap konsisten terhadap perencanaan yang sudah disusun sehingga revisi anggaran dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam bidang perencanaan dan anggaran agar program pengembangan kekuatan sesuai dengan visi dan misi TNI AL dalam rangka mencapai sasaran pertahanan matra laut berdaya gentar tinggi dan rencanakan serta gunakan setiap ‘sen’ anggaran dengan perhitungan yang cermat dan masuk akal sehingga tepat sasaran. 

(Kontributor : Arif)

Related News