BPBD Kota Bengkulu Siap Siaga Hadapi Puncak Musim Penghujan

Rabu, 07/02/2024 - 19:59
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bengkulu Will Hopi /Foto : MC
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bengkulu Will Hopi /Foto : MC

Klikwarta.com, Kota Bengkulu - Berdasarkan prakiraan cuaca menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pada bulan Februari 2024 ini merupakan puncak musim penghujan. Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu siap siaga menghadapi musim hujan.

Berdasarkan prakiraan cuaca, musim penghujan bulan ini sangat berpotensi menyebabkan banjir di beberapa daerah yang rawan banjir di wilayah Kota Bengkulu sehingga tim siaga BPBD selalu siap dalam menghadapi bencana banjir.

“Tim siaga BPBD selama beberapa hari ini berada di lapangan untuk memantau keperluan dan kebutuhan masyarakat, yang dibagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok terdapat 8 personil. Dengan persiapan mobil, perahu karet, tenda dan kebutuhan lainnya”, kata Kepala BPBD Kota Bengkulu Will Hopi.

Dari peta titik rawan banjir milik BPBD yaitu di Kecamatan Sungai Serut, Kecamatan Muara Bangkahulu dan Kecamatan Ratu Agung. Sehingga diharapkan masyarakat selalu tetap waspada dalam menghadapi hujan deras yang dapat berpotensi mengakibatkan banjir.

“Sehubungan beberapa hari yang lalu telah terjadi hujan yang cukup deras, yang menyebabkan dibeberapa titik lokasi wilayah Kota Bengkulu terdampak banjir. Diharapkan kepada masyarakat selalu tetap waspada,” imbuhnya.

Sementara itu, masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga lingkungan masing-masing untuk melakukan kebersihan, khususnya pada saluran air atau drainase yang tersumbat.

“Masyarakat dapat menjaga lingkungan sekitar, baik saluran air atau drainase dengan melakukan gotong royong, untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada musim penghujan,” tambah Will Hopi.

Masyarakat juga dapat selalu waspada terhadap barang-barang yang mudah rusak. Karena disebabkan oleh banjir, seperti Kulkas dan TV. (MC)

Related News