Ceramah Kebangsaan dan Doa Bersama, Kopassus dan Habib Luthfi Ajak Masyarakat Bersinergi Jaga NKRI

Rabu, 14/12/2022 - 16:09
Habib Luthfi Bin Yahya bersama Danjen Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiyawan dalam acara "Ceramah Kebangsaan dan Doa Bersama Keluarga Besar Kopassus", di Gedung Kanzus Sholawat, Jalan Dr Wahidin, Kota Pekalongan, Jawa Tengah pada Selasa (13/1/2022). (Foto : Istimewa)
Habib Luthfi Bin Yahya bersama Danjen Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiyawan dalam acara "Ceramah Kebangsaan dan Doa Bersama Keluarga Besar Kopassus", di Gedung Kanzus Sholawat, Jalan Dr Wahidin, Kota Pekalongan, Jawa Tengah pada Selasa (13/1/2022). (Foto : Istimewa)

Klikwarta.com, Kota Pekalongan - Keluarga Besar Komando Pasukan Khusus (Kopassus) kembali menggelar Ceramah Kebangsaan dan Doa Bersama dipimpin Habib Luthfi Bin Yahya.

Kali ini, acara silaturahmi tersebut digelar di Gedung Kanzus Sholawat, Jalan Dr Wahidin, Kota Pekalongan, Jawa Tengah pada Selasa (13/1/2022), dengan diikuti oleh 250 anggota Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo.

Pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk mendoakan keselamatan serta keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik IndonesiaIndonesia (NKRI). Selain pembacaan teks Pancasila, seluruh peserta juga bersama - sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Ikrar Kebangsaan. 

Tak hanya anggota Korps Baret Merah, acara itu juga dihadiri pejabat Forkopimda setempat, tokoh agama dan elemen  masyarakat lainnya.

Danjen Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiyawan, mengatakan bahwa Kopassus akan konsisten dalam mengajak semua elemen masyarakat dan tegak lurus kepada pemerintah untuk selalu  menjaga keutuhan NKRI. 

"Kesempatan ini menjadi sebuah kehormatan, karena keluarga besar Kopassus bisa berada di Kanzus Shalawat dan menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa serta keutuhan NKRI," ungkapnya. Bersama umara, ulama, Forum Komunikasi Umat Beragama dan seluruh elemen masyarakat. Kali ini, giliran Grup 2 Kopassus yang berkesempatan bersilaturahmi di Pekalongan," ungkapnya. 

Sebagai bangsa yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, lanjut Mayjen TNI Iwan Setiyawan, sudah seharusnya semua pihak bergandengan tangan dan selalu bersama untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI serta bisa saling menghargai di antara perbedaan agama, suku dan ras yang ada.

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Kita harus bangga dan tetap selalu bergandengan tangan. Bersama Kopassus dan Sayyid Muhammad Habibi Habib Lutfi Ali Bin Yahya dan seluruh elemen masyarakat, kita siap menjaga keutuhan NKRI. Jangan sampai ada pihak yang mencoba macam - macam dan mengganggu keutuhan dan kedaulatan NKRI. Karena kami bersama dengan umara, ulama, dan tokoh agama serta seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi menjaga keutuhan NKRI," tandasnya.

Sementara itu, Habib Luthfi Bin Yahya mengatakan bahwa kerukunan umat merupakan benteng yang kuat dan kokoh dalam menjaga keutuhan NKRI.

Ia juga mengajak semua pihak untuk menumbuhkan rasa syukur dan menghargai hasil perjuangan para pahlawan bangsa sehingga Indonesia dapat merdeka dari segala bentuk ancaman dan penjajahan.

Menurut  Ulama yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) itu, jiwa nasionalisme harus dimiliki seluruh anak bangsa, karena hal itu akan menumbuhkan kekuatan berupa fanatisme yang kuat sehingga memiliki kecintaan terhadap Tanah Air.

"Sudah banyak cobaan dan ujian yang telah dilalui bangsa ini. Kini, saatnya kita mencetak generasi untuk mampu menjawab tantangan bangsa ke depan. Ketahanan nasional bukan cuma di pundak TNI saja, tetapi menjadi tanggung jawab kita semua. Maka tinggal sejauh mana kita memiliki rasa cinta Tanah Air, agar melekat pada individu bangsa Indonesia itu sendiri," ucapnya.

Kepada institusi keluarga besar Kopassus pada khususnya dan TNI-Polri pada umumnya, Habib Luthfi berpesan, agar dapat menjaga kewibawaan dan kebersamaan sehingga jangan sampai terpecah belah.

"Mari kita jaga bersama keutuhan dan kedaulatan NKRI. Indonesia tidak banyak, Indonesia hanya satu dan memiliki kebhinekaan yang luar biasa. Maka dari itu, kita harus menjaga Republik ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa," pungkasnya.

Hadir dalam acara Ceramah Kebangsaan dan Doa Bersama Keluarga Kopassus tersebut, di antaranya Dangrup 2 Kopassus Kolonel Inf Sabdono Budi Wiryanto, Asintel Kopassus Kolonel inf Whing Sandya, Walikota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, Dandim 0710 / Pekalongan Letkol Inf. Risky Aditya, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, Danyon 21 Mayor Inf Rizal Dwijayanto, Danyon 22 Mayor Inf Irfanul Fikri, Danyon 23 Mayor inf Arif Novianto, Ketua PN Pekalongan Salman Al Farasi, Ketua FKUB Kota Pekalongan Ahmad Marzuki dan Nurkhan dan Kapolsek Pekalongan Timur Kompol Junaedi.

(Pewarta : Kacuk Legowo)

Related News