Nonton Bola Lupa Matikan Kompor saat Memasak, Rumah Warga Plumbon Tawangmangu Terbakar

Rabu, 27/07/2022 - 19:17
Kondisi dapur rumah Minem (80), di Watu Sambung RT 03 RW 06, Desa Plumbon, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar usai api berhasil dipadamkan, Selasa (26/7/2022). (Foto : Istimewa)
Kondisi dapur rumah Minem (80), di Watu Sambung RT 03 RW 06, Desa Plumbon, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar usai api berhasil dipadamkan, Selasa (26/7/2022). (Foto : Istimewa)

Klikwarta.com, Karanganyar - Musibah kebakaran menimpa sebuah rumah warga di Watu Sambung RT 03 RW 06, Desa Plumbon, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar pada Selasa (26/7/2022), sekira pukul 17.15 WIB.

Terkait peristiwa itu, Kasi Humas Polres Karanganyar, AKP Agung Purwoko mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, memberikan keterangan bahwa kebakaran disebabkan karena kelalaian.

Sore itu, Minem (80) pemilik rumah, (80) pemilik rumah, lupa mematikan kompor gas yang masih dipakainya untuk memasak sayur dan ditinggal pergi menonton pertandingan sepakbola di Lapangan Plumbon, Tawangmangu.

"Menurut keterangan yang berhasil kami kumpulkan di TKP, kebakaran tersebut terjadi saat korban memasak sayur, kemudian ia tinggal menonton sepakbola. Padahal saat itu api kompor masih dalam keadaan menyala," ungkap AKP Agung Purwoko.

Ia menjelaskan, ada dua saksi yang melihat kepulan asap hitam membumbung melalui atap rumah milik korban. Kedua saksi pun segera  mencari tahu sumber atau asal  munculnya asap tersebut.

Saat diketahui, rumah korban sudah dalam kondisi terbakar, sehingga saksi langsung memberitahukan kejadian itu kepada warga yang lain.

Warga yang berdatangan kemudian membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Kejadian ini pun lantas dilaporkan warga ke Polsek Tawangmangu. 

"Alhamdulillah, sekira empat puluh lima menit kobaran api berhasil dipadamkan dan dua unit mobil pemadam kebakaran datang untuk melakukan pendinginan. Tak ada korban jiwa. Kerugian material diperkirakan mencapai Rp 20 juta," ungkapnya.

AKP Agung Purwoko juga   mengimbau agar masyarakat lebih waspada, sehingga kejadian serupa itu tidak sampai terulang lagi.

"Pastikan kompor sudah dimatikan sebelum meninggalkan rumah. Jika hendak pergi dalam jangka waktu yang lebih lama, cabut stop kontak listrik seperti charge HP, setrika maupun stop kontak barang elektronik yang lain. Ini merupakan salah satu langkah untuk antisipasi terjadinya kebakaran," tandasnya.

(Pewarta : Kacuk Legowo)

Related News