Inovasi Kabupaten Pasaman Menjadi Kabupaten Layak Anak

Selasa, 21/06/2022 - 12:03
Verifikasi KLA Kabupaten Pasaman
Verifikasi KLA Kabupaten Pasaman

Klikwarta.com, Pasaman - Pemerintahan Kabupaten Pasaman terus berkomitmen mewujudkan daerahnya sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). Yakni daerah yang aman, nyaman, sehat dan ramah bagi tumbuh kembang anak. Bupati Pasaman Benny Utama bersyukur kepada ALLAH SWT, karena Kabupaten Pasaman bisa sampai pada tahap ini, Senin (20/05/2022) kemarin. 

Akan menjadi motivasi dan semangat bagi kami, untuk lebih meningkatkan pelaksanaan Program dan kegiatan yang menjamin terpenuhinya hak anak dan perlindungan anak di Kabupaten Pasaman kata Benny utama dihadapan Tim verifikasi lapangan Hybrid Evaluasi KLA Tahun 2022, Senin (20/06/22). Verifikasi ini merupakan rangkaian penilaian KLA yang dilakukan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

b

Bupati Pasaman Benny Utama juga menyampaikan, Kegiatan pemenuhan hak anak di kabupaten Pasaman yang telah dilaksanakan diantaranya pemberian akte kelahiran segera gratis dan kepemilikan kartu identitas anak, serta pembentukan forum anak.

 "Mulai dari tingkat Kabupaten sampai Nagari, pencegahan perkawinan usia dini, puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak serta mengadakan pengembangan pusat kreatif anak telah kita laksanakan" Kata Benny.

o

Bupati juga berharap keterlibatan lembaga Masyarakat, dunia usaha, forum anak dan media massa ikut berperan dan memberikan kontribusi yang besar dalam pemenuhan dan perlindungan hak anak. 

Sejumlah inovasi lainnya juga telah dilakukan pemerintah daerah Pasaman dalam rangka memenuhi hak anak di diantaranya BALADA ( Bayi lahir dapat Akta),KATO LALA( Kami tibo ka sekolah-sekolah) UNTUK KARTU IDENTITAS ANAK, PETASAN (Pelayanan Akta sama bidan), PAMBAYAN KITA(Paud membantu pelayanan kia dan akta) WAJAR (Wajib belajar 12 tahun) , (PISA) Pusat Informasi Sahabat Anak, TBM lentera panti, dan lain-lain. 

Diakhir Bupati Bupati menyampaikan, semoga dalam kegiatan evaluasi kabupaten layak anak ini, semua yang telah dilakukan mendapatkan Ridho dari Allah SWT. 

Pewarta : Riskal

Related News