Lanal Banyuwangi Resmikan Transplantasi Terumbu Karang

Rabu, 13/04/2022 - 16:26
Lanal Banyuwangi Resmikan Transplantasi Terumbu Karang
Lanal Banyuwangi Resmikan Transplantasi Terumbu Karang

Klikwarta.com, Banyuwangi - Dihari kedua pelaksanaan Bintahwilmar, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori meninjau langsung perakitan media transplantasi terumbu karang sekaligus meresmikan peletakan hasil tranplantasi terumbu karang, bertempat di Pondok Apung Under Water Jl. Raya Situbondo Desa Bangsring Kec. Wongsorejo Kab. Banyuwangi yang diikuti oleh Saka Bahari SMKN 1 Glagah, Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata),Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) dan KUB (Kelompok Usaha Bersama) nelayah di wilayah kerja Lanal Banyuwangi, Selasa (12/04/2022).

Danlanal Banyuwangi menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka menumbuhkan bela negara bagi  pramuka maupun bagi Pokdarwis, Pokmaswas dan KUB Nelayan diwilayah kerja Lanal Banyuwangi. Sekaligus melaksanakan transpalantasi terumbu karang, diharapkan memberikan ruang pengembangan bagi masyarakat pesisir, dimana kegiatan ini merupakan program tahunan. 

.

“Hari ini kita membuat 300 rak dimana masing masing rak terdapat 9 stek semuanya 2.700 stek terumbu karang yang kita transplantasikan. Diharapkan kedepan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan sehingga lingkungan laut disekitar Banyuwangi dapat terjaga, sehingga dapat dijadikan eko wisata serta tumbuhnya ekonomi bagi masyarakat Banyuwangi. yang terpenting dari semuanya adalah kesadaran kita masing-masing untuk menyelamatkan salah satu sumber daya alam yang sangat bermanfaat ini, bukan hanya tugas pemerintah, masyarakat, namun seluruh warga bangsa Indonesia", harap Danlanal Banyuwangi.

"Sebelum tahun 2010 di Pantai Under Water Bangsring ini tidak ada terumbu karang dan minim ikan, setelah tahun 2010 kita melaksanakan penanaman terumbu karang ini, beragam jenis ikan sudah mulai banyak disekitar terumbu karang tersebut ", jelas Ketua Pokdarwis Pantai Bangsring.

.

Tampak hadir dalam kegiatan  Paspotmar Lanal Banyuwangi Kapten Laut (KH) Rianto, Ka Akun Lanal Banyuwangi Kapten Laut (S) Arista Yudianto, Dan Unit Intel Lanal Banyuwangi Lettu Laut (S) Gadakusuma P. S., dan Babinpotmar Lanal Banyuwangi. Pelaksanaan Bintahwilmar tersebut selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang salah satunya menekankan pada aspek pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman.

(Kontributor : Arif)

Related News