“Minggu Ria” Koopsud I, Tingkatkan Semangat Berolahraga dan Dongkrak Ekonomi UMKM

Senin, 20/05/2024 - 06:10
Minggu Ria Koopsud I Jakarta
Minggu Ria Koopsud I Jakarta

Klikwarta.com, Jakarta - “Minggu Ria” Koopsud I merupakan sebutan dari suatu kegiatan hiburan di setiap hari minggu pagi dari jam 06.00 - 12.00 WIB, yang diisi dengan senam aerobic terpimpin, penampilan live music acoustic dan pasar rakyat yang menjajakan produk UMKM masyarakat dari berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya, dengan tergelarnya kurang lebih 300 tenda UMKM yang menjual berbagai macam makanan-minuman, pakaian-sepatu, mainan anak dan lain-lain, bertempat di sekitar kompleks Makoopsud I Jalan Kopatdara I, Kelurahan Halim Perdanakusuma, Kecamatan Makassar, Kota Jakarta Timur. (Minggu, 19-5-2024).

“Minggu Ria” ini merupakan wujud peran serta aktif dari Koopsud I dalam menggalakkan semangat ber-UMKM di masyarakat serta memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berwirausaha. Terlebih khusus, pasca Pandemi Covid-19 di mana dunia wirausaha sempat lesu, maka keberadaan “Minggu Ria” ini menjadi sarana yang efektif untuk kembali membangkitkan semangat kewirausahaan masyarakat khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

.

“Minggu Ria” bisa juga disebut sebagai pasar minggunya Koopsud I yang terbuka bagi masyarakat umum, yang memberi kesempatan berjual-beli dengan aman, nyaman, dengan didukung tempat yang representatif serta tanpa adanya pungli maupun tindakan kriminal dari pihak atau oknum yang tidak bertanggungjawab.

Salah satu pengunjung Bapak Uhtar yang mengajak keluarganya yang berdomisili di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang diwawancarai oleh staf Penerangan Koopsud I menyampaikan bahwa dirinya baru pertama kali mengunjungi Minggu Ria. “Bagus sekali, tempatnya nyaman, aman, sejuk banyak pepohonannya, dan juga bisa untuk olahraga. Barang yang dijual juga banyak, ada makanan, minuman, baju dan mainan untuk anak-anak” ujarnya.

Pengunjung lain yang bernama Ibu Novi, bersama keluarganya dari Jatiwarna, Kota Bekasi, juga menyampaikan bahwa dirinya sudah lama menjadi pengunjung setia Minggu Ria. “Mungkin dari pertama kali buka Minggu Ria jauh sebelum Covid-19, karena memang jadi rutinitas saya setiap minggu datang ke Minggu Ria ini, karena lebih aman dan yang paling berkesan bagi saya saat saya lihat ada yang pingsan, ambulance-nya ready dan langsung menangani dengan cepat” jelasnya penuh semangat.

.

Begitu pun dengan para pedagang yang menjajakan produknya di Minggu Ria, salah satunya adalah Ibu Yayan Eni dari daerah Lubang Buaya yang telah berjualan di Minggu Ria dari sebelum Covid-19. “Sangat terbantu untuk perekonomian keluarga saya karena adanya Minggu Ria ini. Konsep Minggu Ria ini bagus, nyaman tidak panas karena banyak pepohonan. Senang juga karena banyak pengunjungnya, jadi banyak pembelinya juga. Sisi keamanannya juga bagus dan ada ambulance yang standby”, ujarnya kepada Tim Pen Koopsud I. 

Kemudian dari pedagang lainnya, Ibu Una dari wilayah Cibubur yang telah dua kali berjualan produk fashion di Minggu Ria, menyampaikan apresiasinya. “Bakalan lanjut terus (berjualan),  lingkungannya nyaman, pengelolaan bagus, respon pengelola cepat, aman dari pungli juga. Pengunjungnya sopan, jadi enak berkomunikasi. Baru buka  langsung banyak order, stok langsung ludes”, demikian cetus pelapak yang menawarkan produk up-cycle denim jacket ini. 

.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Minggu Ria Koopsud I, dapat memasuki lokasi melalui Gerbang Makoopsud I sisi selatan, yaitu bersebelahan dengan Rumah Sakit Haji Jakarta, Jalan Raya Pondok Gede. Dan bagi yang ingin berwirausaha, dapat menghubungi pengelola yang selalu berada di lokasi pada setiap pelaksanaan Minggu Ria. 

Harapan kita semua, semoga  Minggu Ria semakin berkembang dan menjadi sarana terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat dalam meningkatkan ekonomi keluarga melalui kegiatan kewirausahaan UMKM sekaligus menjadi sarana hiburan dan olahraga masyarakat yang sehat, aman dan nyaman.

(Kontributor : Arif)

Related News