Pembinaan Pertahanan Wilayah, TNI AL Edukasi Masyarakat Pesisir Malang

Jumat, 14/06/2024 - 08:10
Pelepasan tukik di dusun Bajulmati, Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang
Pelepasan tukik di dusun Bajulmati, Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang

Klikwarta.com, Malang - Dalam rangka mendukung program kerja Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Dispotmaral) dalam Pembinaan Pertahanan Wilayah (Bintahwil) TA. 2024, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkalan TNI AL (Lanal) Malang memberikan edukasi kepada masyarakat pesisir di Dusun Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (13/06).

Dengan mengusung tema "TNI AL Melaksanakan Pembinaan Ketahanan Wilayah Bahari Untuk Peningkatan Ekonomi Yang Berkelanjutan Dalam Mendukung Tugas TNI AL dan Percepatan Ekonomi Menuju Indonesia Maju", kegiatan yang digelar mulai tanggal 12 s.d. 13 Juni 2024 tersebut dilaksanakan sebagai bentuk peran aktif TNI AL dengan tujuan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta kesehatan masyarakat dan keluarga besar TNI AL. 

.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan meliputi sosialisasi bela negara, radikalisme, narkoba, mangrove, tukik dan stunting. Selain itu juga dilaksanakan pelayanan kesehatan, pelepasan tukik, bersih pantai serta penanaman mangrove yang di selenggarakan di dua tempat yaitu Gedung UPT Kelautan dan Perikanan Pondok Dadap Sendang Biru serta Pantai Bajulmati Malang. 

Kegiatan Pembinaan Potensi Maritim pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk pemberdayaan wilayah pertahanan laut, obyek pembinaan yang meliputi potensi geografi, demografi dan kondisi sosial untuk ditingkatkan menjadi Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara.

.

Kegiatan tersebut ditutup secara langsung oleh Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono didampingi Danlanal Malang Kolonel Laut (KH/W) Rinanda Sintasari serta dihadiri oleh Forkopimda Kab. Malang, Kasubdis Bintahwil, Komandan PLP 4 Mar Purboyo, Ka.BNN, Kapolsek, Danramil, Airud, PJU Lanal Malang, BKSDA Sendangbiru, Ketua BSTC Bajulmati, UPT PPP Pondok Dadap, Tim SAR PSR, Perhutani Malang, Pokmaswas Tambakrejo serta Karang Taruna. 

Dalam berbagai kesempatan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, dalam hal ini memberikan edukasi kebaharian kepada masyarakat. 

(Kontributor : Arif)

Related News